Breaking News:

Berita Pati

Hari Santri Nasional 2021, PCNU Pati Luncurkan Ambulans dan Mobil Layanan Umat

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Pati meluncurkan layanan Ambulans dan Mobil Layanan Umat.

Penulis: Mazka Hauzan Naufal | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Mazka Hauzan Naufal
Ketua PCNU Pati Kiai Yusuf Hasyim meluncurkan ambulans dan mobil layanan umat hasil dari Gerakan Koin NU, Jumat (22/10/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Tepat pada peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2021, Jumat (22/10/2021), Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Pati meluncurkan layanan Ambulans dan Mobil Layanan Umat.

Ketua PCNU Pati Kiai Yusuf Hasyim mengatakan, saat ini pihaknya sudah memiliki 2 unit ambulans dan 13 unit Mobil Layanan Umat yang tersebat di beberapa kecamatan.

Pengadaan ambulans dan mobil layanan umat ini merupakan hasil dari Gerakan Koin NU, yakni program urun dana (crowd funding) yang dilakukan di tingkat Majelis Wilayah Cabang (MWC) NU di tiap kecamatan.

“Kami berkhidmat memberikan layanan pada umat melalui mobil layanan umat dan ambulans. Melalui koin NU, dari umat, oleh umat, dan untuk umat,” ujar Kiai Yusuf ketika diwawancarai usai upacara peringatan HSN 2021 di Taman Makam Pahlawan Giri Dharma Pati 

Ia berharap, pada 2022 seluruh MWC NU di 21 kecamatan bisa memiliki mobil layanan umat.

“Dan pada 2026, tepat pada satu abad kebangkitan NU, seluruh ranting kita harap juga punya mobil layanan NU,” harap dia.

Kiai Yusuf menuturkan, pihaknya mendedikasikan ambulans dan mobil layanan umat untuk membantu pemerintah dalam bidang kesehatan.

“Bisa untuk layanan kesehatan, antara lain antar jemput warga yang membutuhkan ketika kontrol ke rumah sakit, dan antar jemput pasien. Adapun ambulans untuk layanan masyarakat yang meninggal dunia,” kata dia.

Ia menuturkan, penghimpunan dana dari warga NU melalui Gerakan Koin NU di Pati baru efektif berjalan selama satu tahun.

Bahkan di beberapa kecamatan kurang dari satu tahun. Misalnya di Margoyoso yang baru berjalan enam bulan.

“Tapi alhamdulillah sudah bisa mewujudkan mobil layanan umat,” tandas dia.

Sementara, Bupati Pati Haryanto mengapresiasi inisiatif dari warga NU Pati ini. Menurutnya, hal ini merupakan inovasi yang cukup bagus.

“Warga NU mengumpulkan (dana) sedikit demi sedikit. Itu sesuatu yang luar biasa dan patut dicontoh. Sekalipun namanya layanan NU, tapi warga di luar NU yang butuh bantuan pun juga akan dibantu,” kata dia.

Haryanto menilai, pengoperasian ambulans dan mobil layanan NU sangat membantu pemerintah di bidang pelayanan kesehatan.

Sebab, layanan transportasi kesehatan tidak hanya mengandalkan Puskesmas dan rumah sakit, melainkan juga dibantu oleh NU. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved