Breaking News:

Berita Nasional

Indonesia Nomor 1 di Dunia soal Penyiksaan Hewan

Digital Civility Index (DCI) Microsoft 2020, dalam laporan terbaru, menempatkan Indonesia di peringkat pertama sebagai penyiksa hewan.

UNSPLASH/ELVIRA VISSER
Ilustrasi kucing (UNSPLASH/ELVIRA VISSER) 

TRIBUNJATENG.COM - Indonesia kembali menjadi sorotan dunia.

Indonesia disebut negara nomor satu di dunia sebagai pengunggah konten penyiksaan hewan.

Digital Civility Index (DCI) Microsoft 2020, dalam laporan terbaru, menempatkan Indonesia di peringkat pertama sebagai penyiksa hewan, seperti diberitakan Kompas.com, Minggu (3/10/2021) lalu.

Baca juga: Wanita Hamil Ditemukan Tewas dengan Sejumlah Luka Tusuk di Bekasi

Menanggapi hal ini, Sosiolog Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, AB Widyanta mengatakan bahwa dengan sorotan dunia terhadap kasus penyiksaan hewan yang dijadikan konten media sosial oleh masyarakat Indonesia, menurutnya itu adalah bentuk kritik keras bagi negara ini.

Terkait masalah konten penyiksaan hewan yang marak di Indonesia, maka Widyanta memberikan semacam policy brief, yang mana perlunya melakukan kajian mendalam, jika hal itu ditindaklanjuti.

"Maka kajian-kajian lintas ilmu menjadi sangat penting. Namun, ini tantangan bagi kajian lintas ilmu di Indonesia," kata Widyanta saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (23/10/2021).

Kasus penyiksaan hewan yang kemudian banyak dijadikan konten oleh para pengguna media sosial di Indonesia, merupakan persoalan kritis bagi negara ini.

Sebab, seolah predikat tersebut mengungkapkan pandangan dunia terhadap sebagian masyarakat Indonesia yang dinilai suka menyiksa hewan.

Namun, benarkah masyarakat Indonesia suka menyiksa hewan, apa penyebabnya?

Widyanta mengatakan bahwa animal right atau hak asasi hewan perlu mendapat sorotan di dalam dunia akademik, yakni perlunya mendorong kajian trans disipliner, terutama terkait critical animal study.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved