Breaking News:

Berita Karanganyar

Karanganyar Jadi Lokasi Uji Coba Sensus Pertanian 2023

Kelurahan Gebyog Kecamatan/Kabupaten Karanganyar menjadi lokasi uji coba sensus pertanian 2023 yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

Penulis: Agus Iswadi | Editor: m nur huda
Tribun Jateng/Agus Iswadi
Bupati Karanganyar, Juliyatmono menyerahkan vandel kepada Deputi Bidang Statistik Produksi BPS, M Habibullah saat acara audiensi dengan tim uji coba sensus pertanian 2023 BPS RI Jateng di Anthurium Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Sabtu (23/10/2021).     

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Kelurahan Gebyog Kecamatan/Kabupaten Karanganyar menjadi lokasi uji coba sensus pertanian 2023 yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

Kepala BPS Karanganyar, Dewi Trirahayuni menyampaikan, uji coba dilakukan hanya di Kelurahan Gebyog sejak kemarin hingga besok Minggu (24/10/2021). Lantaran hanya untuk mendapatkan gambaran, sampling dilakukan secara terbatas. Survei dilakukan terhadap perusahaan pertanian, non-pertanian dan usaha pertanian lainnya.

"Sampel yang diambil terbatas, Ada empat perusahaan pertanian, perorangan ada dua blok sensus dan usaha pertanaian lainnya ada empat responden. Ini sebatas untuk mendapatkan gambaran untuk sensus 2023. Ada masukan ada untuk penyempurnaan. Termasuk teknologi karena nantinya pendataan tidak menggunakan paper tapi pakai android," katanya kepada Tribunjateng.com usai audiensi dengan tim uji coba sensus pertanian 2023 BPS RI Jateng di Anthurium Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Sabtu (23/10/2021).  

Dia menjelaskan, hasil dari sensus pertanian yang dilakukan pada 2023 tersebut nantinya akan diserahkan kepada pemerintah untuk dimanfaatkan baik itu untuk pengembangan potensi pertanian, pendistribusian bantuan dan lainnya. 

Dalam kesempatan itu turut hadir, Deputi Bidang Statistik Produksi BPS, M Habibullah. Dia mengatakan, uji coba ini merupakan serangkaian kegiatan sensus pertanian 2023. Kabupaten Karanganyar terpilih untuk dilakukan uji coba karena banyak kegiatannya pertanian. 

Selain Kabupaten Karanganyar, wilayah lain juga terpilih menjadi lokasi uji coba seperti Brebes, Wonogiri serta beberapa wilayah di Jawa Timur dan luar Jawa.

"Ini nanti sensus yang ketujuh kali. Pertama itu dilakukan pada 1963. Sektor pertanian merupakan penopang untuk perekonomian Indonesia," ungkapnya. 

Sementara itu Bupati Karanganyar, Juliyatmono akan mendorong supaya pelaksanaan sensus pertanian dapat berjalan lancar. Masyarakat akan diberikan informasi terkait sensus pertanian melalui tokoh, perangkat kecamatan dan desa. Dengan begitu diharapkan dapat diketahui kondisi pertanian di Kabupaten Karanganyar secara jelas.

"Memberikan pemahaman kepada masyarakat supaya datanya akurat," jelasnya. (Ais).

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved