Breaking News:

Berita Internasional

Pemimpin Senior Al Qaeda Tewas Dalam Serangan Drone AS MQ-9 Reaper di Suriah

Pemimpin senior kelompok teroris Al Qaeda tewas dalam serangan pesawat nirawak atau drone yang dilancarkan Amerika Serikat (AS) di Suriah.

Editor: m nur huda
wikipedia.org
MQ-9 Reaper, merupakan drone atau sebuah Pesawat tanpa awak (UAV) yang dibangunkan oleh General Atomics Aeronautical Systems (GA-ASI) untuk kegunaan Angkatan Udara Amerika Serikat, Angkatan Laut Amerika Serikat dan Angkatan Udara Britania Raya. MQ-9 adalah UAV pemburu-pembunuh yang direka untuk ketahanan tinggi dan pengawasan aras tinggi. 

TRIBUNJATENG.COM, WASHINGTON DC – Pemimpin senior kelompok teroris Al Qaeda tewas dalam serangan pesawat nirawak atau drone yang dilancarkan Amerika Serikat (AS) di Suriah.

Laporan tersebut disampaikan Kementerian Pertahanan AS, yang berkantor di Pentagon, pada Jumat (22/10/2021) sebagaimana dilansir The Straits Times.

Serangan terhadap pemimpin senior Al Qaeda itu terjadi dua hari setelah sebuah pangkalan di Suriah selatan diserang.

Pangkalan tersebut digunakan oleh pasukan koalisi pimpinan AS untuk memerangi ISIS.

“Serangan udara AS di barat laut Suriah menewaskan pemimpin senior Al Qaeda Abdul Hamid al-Matar,” kata Juru Bicara Komando Pusat AS Mayor John Rigsbee.

Dia menambahkan, serangan itu dilakukan menggunakan pesawat nirawak MQ-9 Reaper.

“Eliminasi pemimpin senior Al-Qaeda ini akan mengganggu kemampuan organisasi teroris tersebut untuk menyusun rencana lebih lanjut dan melancarkan serangan global,” tutur Rigsbee.

Pada akhir September, Pentagon membunuh Salim Abu-Ahmad, komandan senior Al-Qaeda lainnya di Suriah.

Salim Abu-Ahmad tewas dalam serangan udara di dekat Idlib, wilayah barat laut Suriah.

Komando Pusat AS menuturkan, Salim Abu-Ahmad bertanggung jawab dalam merencanakan, mendanai, dan menyetujui serangan Al-Qaeda trans-regional.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved