Breaking News:

Kendal Beribadat

ICSB Kendal Gelar Batik Show, Bupati Dico: Pakai Batik Itu Keren

Saya menyambut baik atas diselenggarakannya kegiatan ini, dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional.

Editor: abduh imanulhaq
PEMKAB KENDAL
Bupati Kendal Dico M Ganinduto B.Sc memberikan sambutan pada acara Trunk Batik Show 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - "Saya menyambut baik atas diselenggarakannya kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional. Atas nama Pemerintah Kabupaten Kendal maupun pribadi, saya ucapkan Selamat Hari Batik Nasional, yang tepatnya setiap tanggal 2 Oktober ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional oleh UNESCO, karena batik sebagai warisan budaya."

Hal itu disampaikan Bupati Kendal Dico M Ganinduto B.Sc dalam sambutannya pada acara Trunk Batik Show dengan tema “Warisan Budaya Indah Jangan Sampai Punah" yang diselenggarakan International Council for Small Business (ICSB) Kabupaten Kendal, Sabtu (23/10/2021), di Tirto Arum Baru Kendal.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat melestarikan, memelihara dan menggali potensi batik dengan melibatkan UMKM dan seluruh masyarakat secara langsung, serta dapat mengedukasi para UMKM batik agar hasil karyanya memiliki cita rasa seni tinggi, mempunyai filosifis mendalam dan keuninkan tersendiri sehingga orang pemakai batik merasa semakin keren,” lanjut Bupati Kendal.

Bupati Dico juga mengapresiasi dan memberi penghargaan kepada ICSB yang terus berkarya mendukung program pemerintah daerah untuk mendorong perkembangan dan kemajuan UMKM di Kendal, salah satunya batik.

“Mengingat batik merupakan warisan budaya yang perlu untuk dilestarikan, UMKM batik merupakan UMKM yang paling terdampak atas pandemi Covid-19. Maka perlu dilakukan upaya sinergisitas yang melibatkan berbagai pihak untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UMKM, sehingga makin kompetitif,” terang Bupati Dico.

Bupati mengungkapkan, pihaknya sedari awal berada di Kendal menunjukkan komitmen untuk menjadikan UMKM menjadi salah satu motor penggerak perekonomian daerah dengan berbagai upaya dan langkah strategis, serta rencana yang jelas agar arah perkembangannya dapat terpantau dan didorong menjadi lebh maju.

Untuk mencapai keberhasilan dalam mengembangkan UMKM, Pemerintah Kabupaten Kendal tidak bisa berjalan sendiri.

Oleh karena itu, menurut Bupati Kendal memang harus membutuhkan kerjasama dan komitmen bersama dengan segenap lembaga dan organisasi pengembangan UMKM dan semua pihak, salah satunya ICSB yang mampu menjadi motor penggerak UMKM untuk berkembang lebih maju lagi dan go Internasional. Mengingat jaringan ICSB sudah mendunia.

“Pada kesempatan ini, saya menaruh harapan kegiatan dan komitmen kita tidak hanya berhenti disini saja, tetapi yang lebih penting adalah bagaimana UMKM Kendal kedepan akan lebih berdaya saing dan mampu merebut pasar Internasional dengan produk-produk yang berkualitas dan tercipta batik khas Kendal,” tutur Bupati Dico.

Bupati Kendal juga ingin menjadikan Kabupaten Kendal menjadi pusat Industri dan pariwisata dengan harapan sesuai dengan visi kami “Kendal Handal, Unggul, Makmur dan Berkeadilan” serta menjadi “Beautiful Land, Good Business”. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved