Breaking News:

Kesehatan

Pemkab Batang Targetkan Angka Stunting Turun 12 Persen Tahun 2024

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Batang, angka stunting di Kabupaten Batang setiap tahunnya mengalami penurunan.

Penulis: dina indriani | Editor: Daniel Ari Purnomo
Tribun Jateng/ Dina Indriani
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batang, Didiet Wisnuhardanto 

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Batang, angka stunting di Kabupaten Batang setiap tahunnya mengalami penurunan.

Kepala Dinkes Batang, dr Didiet Wisnuhardanto mengatakan di tahun  2020 angka stunting mencapai 16 persen, dan pada tahun ini mencapai 15 persen.

"Sebenarnya angka stunting semakin turun, tetapi memang kasus masih cukup banyak di angka 6058 anak," ujarnya, Senin (25/10/2021).

Meski begitu, dr Didiet optimis angka stunting akan semakin menurun dan semakin sedikit anak mengalami stunting.

Pihaknya pun menargetkan pada tahun 2024 angka stunting di Kabupaten Batang bisa mencapai 12 persen.

"Untuk menurunkan angka stunting tentu perlu peran berbagai pihak, karena masalah ini juga dari berbagai faktor," ujarnya.

dr Didiet menjelaskan stunting disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya seperti usia kehamilan belum cukup umur, pernikahan dini, ibu hamil kekurangan asupan gizi, terlalu banyak minum obat.

"Untuk itu, kami minta bidan desa agar selalu memantau jika ada ibu hamil, serta adanya pemberian vitamin," imbuhnya.

Dia menambahkan untuk penanganan stunting sudah dianggarkan dalam dana BOK (Bantuan Operasional Kesehatan) yang perencanaannya sejak 2020.

"Kami fokuskan di 25 Desa yang terletak di 8 Kecamatan, termasuk masalah kehamilan dan memberikan bantuan makanan tambahan untuk bumil," pungkasnya.(din)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved