Breaking News:

Berita Karanganyar

BPBD Karanganyar Usulkan Bantuan Bibit Pohon Lokasi Rawan Longsor

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar mengusulkan bantuan bibit pohon.

Penulis: Agus Iswadi | Editor: Daniel Ari Purnomo
TRIBUN JATENG/AGUS ISWADI
Kasi Kebencanaan dan Kesiapsiagaan Bencana BPBD Karanganyar, Hartoko. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar mengusulkan bantuan bibit pohon untuk nantinya ditanam bersama relawan di lokasi rawan longsor yang memiliki vegetasi kurang baik. 

Kasi Kesiapsiagaan BPBD Karanganyar, Hartoko menyampaikan, tanah longsor itu salah satu penyebabnya karena vegetasi di kawasan tersebut kurang bagus. Dalam rangka mengantisipasi adanya longsor, BPBD telah mengajukan bantuan bibit pohon kepada Balai Pengelolaan Daerah Sungai Hutan Lindung (BPDASHL) dan Perum Jasa Tirta (PJT) I. 

Adapun bantuan bibit pohon yang diajukan ialah pohon buah. Sehingga selain untuk pencegahan potensi tanah longsor, tanaman itu nantinya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. 

"Kita mengajukan bantuan bibit 5.000 pohon ke BPDASHL dan 5.000 bibit ke PJT I. Ini nanti akan kita kerjasamakan dengan relawan untuk penanamannya di lokasi rawan longsor yang vegetasinya kurang baik," katanya kepada Tribunjateng.com, Selasa (26/10/2021). 

Dia menuturkan, ada beberapa kasus longsor yang disebabkan vegetasi di sekitarnya kurang baik. Hartoko mencontohkan, ada pohon yang rimbun dan bagian pohon menutupi badan jalan sehingga membuat jalan itu berlumut dan licin. Akhirnya pohon itu ditebang. Akan tetapi setelah itu justru terjadi longsor.

Lanjutnya, berkaca kasus itu dapat dilihat bawah vegetasi dapat menghambat tanah longsor. Dia mengungkapkan, usulan bantuan bibit pohon tersebut juga dalam rangka mendukung program ijo royo-royo. Nantinya bantuan bibit akan ditanam di lokasi rawan longsor seperti Ngargoyoso, Jatiyoso, Karangpandan, Matesih dan lainnya.

"Ini masih pengajuan, karena ini mendekati musim penghujan, ini waktu yang tepat kalau direalisasikan. Segera kita tanam, kan waktunya pas musim penghujan," ungkapnya. (Ais). 

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved