Breaking News:

Kendaraan Listrik Diproduksi di RI Mulai Maret 2022, Hyundai Garap 1.000 Unit di Tahap Awal

Produksi kendaraan listrik memberi pesan kepada dunia internasional bahwa Indonesia siap menjadi hub ekspor utama di ASEAN dan wilayah sekitarnya.

Editor: Vito
Kendaraan Listrik Diproduksi di RI Mulai Maret 2022, Hyundai Garap 1.000 Unit di Tahap Awal
ISTIMEWA
ilustrasi - mobil hyundai

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan, PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) akan memulai proses produksi kendaraan listrik pada Maret 2022.

Di tahun pertama, kabarnya Hyundai akan memproduksi 1.000 unit kendaraan listrik/tahun.

"Produksi kendaraan listrik ini tentunya menjadi showcase kapabilitas industri otomotif Indonesia yang juga bergerak ke arah industri yang ramah lingkungan, sekaligus memberi pesan kepada dunia internasional bahwa Indonesia siap menjadi hub ekspor utama bagi kendaraan listrik di ASEAN dan wilayah sekitarnya," katanya, saat pembukaan pameran Hyundai The Future Electric Vehicle Ecosystem for Indonesia, di JIExpo, Kemayoran, Selasa(26/10).

Menperin berpesan agar perusahaan menerapkan teknologi Industri 4.0 di seluruh lini produksi, serta melibatkan IKM sebagai bagian dari global supply chain perusahaan.

Selain itu, Kemenperin mengundang HMMI untuk mendirikan akademi atau politeknik yang lulusannya secara otomatis bisa menjadi pekerja dengan kemampuan yang sesuai dengan kebutuhan industri maupun di lini purna jual untuk melayani kebutuhan konsumen.

"Pameran ini merupakan langkah nyata dari Hyundai Motor Group sebagai produsen EV global untuk mendukung pemerintah Indonesia menjadikan Indonesia sebagai basis produksi KBLBB melalui investasi, pembangunan fasilitas produksi dan research, development and design (RDnD), serta pengembangan SDM industri," papar Menperin.

Menanggapi hal tersebut, Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Makmur menyatakan, semua harus menunggu.

"Tunggu undangan kami. Semuanya kita punya roadmap, cuma kalau ditanya kapan siapnya, nanti kami akan kirim undangan secara resminya. Pemerintah punya roadmap, kami juga punya roadmap yang sudah kami siapkan," ucapnya.

Menyoal model perdana yang akan diproduksi, santer beredar kabar Hyundai Ioniq akan menjadi mobil listrik buatan pertama HMMI.

Namun, lagi-lagi pihak Hyundai tak mau mengungkap lebih jauh rencana produksi tersebut. "Untuk modelnya juga pasti sama saja (seperti yang dijual saat ini-Red). Kami urusin satu-satu," ungkap Makmur.

Makmur sempat mengungkapkan, pabrik Hyundai bakal rampung dibangun pada akhir 2021. "Akhir tahun ini sudah ada rencana start production. Sekarang sudah mulai trial semuanya," tuturnya.

Selain memproduksi mobil listrik, fasilitas yang berlokasi di Delta Mas, Cikarang, Jawa Barat itu juga bakal membangun mobil-mobil dengan mesin bakar internal. (Tribun Network)

Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved