Breaking News:

Berita Banyumas

Ketua LSM GNPK, Terdakwa Kasus Pemerasan Kades di Banyumas Divonis 4 Tahun Penjara

Terdakwa kasus pemerasan kades di Banyumas, yang merupakan Ketua LSM Gerakan Nasional Pemberatan Korupsi (GNPK) Jawa Tengah, Siswo Subroto

TRIBUNBANYUMAS/Permata Putra Sejati 
Ketua Paguyuban Kades Banyumas, Satria Praja, Saifuddin, (kiri) bersama Kades Wlahar Narsim (kanan), saat memberikan keterangan kepada Tribunbanyumas.com, Selasa (26/10/2021).  

TRIBUNBANYUMAS.COM, PURWOKERTO - Terdakwa kasus pemerasan kades di Banyumas, yang merupakan Ketua LSM Gerakan Nasional Pemberatan Korupsi (GNPK) Jawa Tengah, Siswo Subroto divonis empat tahun penjara. 

Dengan nomor perkara 39/Pid.B/2021/PN Bms dengan Hakim Ketua, Agus Cakra Nugraha, hakim anggota Firdaus Azizy dan Rino Ardian Wigunadi membacakan terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana pemerasan dengan ancaman kekerasan. 

Subroto ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan pemerasan pada Kades di Kemrajen, Kabupaten Banyumas yang nominalnya hingga ratusan juta rupiah.

Subroto dijerat Pasal 368 KUHP subsider 369 KUHP lebih subsider 335 KUHP. 

Kasus terungkap karena ada empat Kades lainnya yang diduga ikut diperas. 

Kelima Kades mengalami kerugian sampai Rp 375 juta. 

Ketua Paguyuban Kades Banyumas, Satria Praja, Saifuddin mengatakan merasa lega karena hukum akhirnya hukum ditegakan dan terdakwa dinyatakan bersalah secara hukum. 

Ia berpesan agar peristiwa itu tidak perlu terulang kembali.

Selain itu ia berpesan kepada para kepala desa agar selalu berkoordinasi dengan tim advokasi. 

"Kami juga menyarankan agar jangan sampai begitu mudah memberikan arsip perbendaraan kepada siapapun kecuali inspektorat. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved