Breaking News:

OPINI

OPINI Firhadi : Roda Putar Trigonometri Tingkatkan Prestasi Belajar Matematika

DUNIA Pendidikan sangat terdampak pandemi Covid-19. Sejak Maret 2020 semua jenjang pendidikan ditutup sebagai gantinya melaksanakan pembelajaran

Youtube
Ilustrasi 

oleh Firhadi, SPd

Guru Matematika SMAN 1 Mranggen Demak

DUNIA Pendidikan sangat terdampak pandemi Covid-19. Sejak Maret 2020 semua jenjang pendidikan ditutup sebagai gantinya melaksanakan pembelajaran secara daring atau online dan sekarang sudah dimulai kembali pembelajaran tatap muka meski terbatas.

Setelah hampir satu setengah tahun, akhirnya regulasi pembelajaran tatap muka telah diberlakukan walau masih terbatas dengan protokol kesehatan dan aturan yang ketat seiring tren penurunan kasus covid 19 serta telah dilakukannnya vaksin secara masif di seluruh wilayah.

Hampir semua wilayah telah melaksanakan Pembelajaran tatap muka walau masih terbatas sesuai dengan level yang telah diterapkan oleh pemerintah antara 30-50% dengan protokol kesehatan dan aturan yang ketat.

Semoga pandemi ini segera berlalu sehingga pembelajaran tatap muka bisa dimulai kembali secara normal.
Penulis soroti tentang permaianan roda putar trigonometri. Tentunya kita tahu bahwa perbandingan Trigonometri merupakan materi yang agak sulit. 

Salah satu tujuan pembelajaran matematika menurut Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 adalah agar peserta didik memiliki kemampuan pemahaman konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien dan tepat dalam pemecahan masalah.

Pemahaman konsep memiliki peranan penting bagi siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika dengan cara menerapkan pemahaman konsep siswa yang dihubungkan dengan konsep-konsep lain sehingga diperoleh pemahaman konsep yang lebih luas serta berperan pada hasil belajar siswa.

Perbandingan Trigonometri merupakan materi yang baru didapat di bangku SMA pada kelas X, selain itu berhubungan dengan mata pelajaran yang lain seperti mata pelajaran fisika. Begitu sulitnya materi perbandingan trigonometri ini maka penulis sajikan alat peraga agar peserta didik lebih mudah memahami materi tersebut
yaitu roda putar tigonometri.

Media

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved