Breaking News:

Berita Kudus

‎Jaminkan BPKB Motor Tua, Pendiri Batik Muria Bisa Dapat Pinjaman Permodalan Pertamina

Berkat dukungan pendanaan Pertamina, ribuan pelaku usaha mikro dan kecil terus berkembang.

Penulis: raka f pujangga | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Raka F Pujangga
Pendiri Batik Muria, Yuli Astuti bersama Unit Manager Communication, Relations & CSR Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina (Persero)?, Brasto Galih Nugroho?, saat berkunjung ke pembuataan batik, Karangmalang, Gebog, Kabupaten Kudus. 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS -  Berkat dukungan pendanaan Pertamina, ribuan pelaku usaha mikro dan kecil mampu terus berkembang.

Dari hanya bermodalkan sepeda motor, ‎seorang pelaku usaha kecil dari lereng muria, Yuli Astuti mampu menjelma menjadi Local Heroes 2018.

Pendiri Batik Muria itu melakukan riset ‎untuk mengembalikan motif batik khas Kudus yang telah tertelan zaman.

Berawal dari kesabaran dan tekad kuatnya itu, Yuli melakukan reproduksi motif batik klasik dan telah mematenkan sedikitnya 30 motif.

Beberapa motif klasik yang direproduksi di antaranya motif kapal kandas, beras tumpah dan lainnya.

Yuli menceritakan, awalnya mendapatkan ‎pendanaan dari Program Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil (PPUMK) sebesar Rp 15 juta‎ pada 2017. 

Dia hanya menjaminkan BPKB sepeda motor tua yang kala itu nilainya jauh di bawah nilai pinjaman yang diperoleh dari Pertamina.

"Saya jaminkan BPKB (buku pemilik kendaraan bermotor-red) motor supra untuk pinjaman itu, yang‎ nilai pinjamannya lebih besar dari yang saya jaminkan," kata dia, Rabu (27/10/2021).

Lunas pendanaan modal setahun, dia mulai mengajukan lagi pinjaman kedua sebesar Rp 150 juta dengan agunan BPKB mobil pada 2018.

Modal ‎tersebut dipakai untuk menyiapkan stok bahan baku batik yang harganya dinilai cukup mahal bagi pengusaha kecil.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved