Breaking News:

Berita Sragen

Vaksinasi di Sragen Capai 74 Persen, Herd Immunity Terbentuk?

Capaian vaksinasi Covid-19 secara total di Kabupaten Sragen capai 74,27 persen.

Penulis: Mahfira Putri Maulani | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Mahfira Putri Maulani
Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 secara door to door kepada masyarakat Sragen. 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – Capaian vaksinasi Covid-19 secara total di Kabupaten Sragen capai 74,27 persen, untuk lansia capai 65,43 persen per hari ini, Rabu (27/10/2021).

Bahkan dilihat berdasarkan NIK KTP, vaksinasi Covid-19 di Sragen capai 83 persen. Angka ini akan mendekati Herd Immunity atau kekebalan kelompok yakni 75 persen.

Kendati demikian, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sragen, Hargiyanto mengatakan pihaknya mentargetkan 100 persen warga Sragen usia di atas 12 tahun tervaksin Covid-19.

"Memang dulu syaratnya 75 persen untuk membentuk Herd Immunity. Tapi kita tetap target 100 persen masyarakat Sragen dari sasaran usia di atas 12 tahun," kata Hargi, Rabu (27/10/2021).

Capaian hingga 74 persen tersebut ialah untuk dosis pertama, untuk dosis kedua saat ini baru capai 45,85 persen. Lansia untuk dosis kedua baru 36,84 persen.

Sementara tenaga medis (nakes) di Sragen yang melakukan suntik booster dosis Moderna sebanyak 0,58 persen.

Vaksinasi Siwa SD

Hargi melanjutkan kedepannya, pemerintah akan melakukan vaksinasi terhadap anak-anak Sekolah Dasar (SD) tahun depan yang masih ditunggu uji klinisnya.

"Kita harus vaksinasi 100 persen, kedepannya nanti memang untuk anak SD pada tahun depan akan divaksin. Tapi masih menunggu uji klinis yang sudah dilakukan," lanjut Hargi.

Untuk capai 100 persen vaksinasi, Hargi mengatakan pihaknya melakukan vaksinasi secara door to door. Pihaknya juga meminta RT melakukan pendataan untuk masyarakat yang belum divaksin segera di laporkan.

Selain itu, Pemkab Sragen juga akan melakukan sweeping di sejumlah tempat. Sweeping yang sudah dilakukan di Pasar Bunder Sragen dengan mendapatkan 80 orang.

Pihaknya juga berencana akan melakukan sweeping  di pasar pagi Pasar Bunder yang rencananya dilakukan pekan depan. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved