Breaking News:

Berita Batang

BUMD Batang Diminta Optimalkan Kinerja dan Layanan untuk Tingkatkan Kontribusi PAD

Dengan adanya keberadaan berbagai Kawasan Industri, seperti Kawasan Industri Terpadu atau KIT Batang dan Batang Industrial Park (BIP)

Penulis: dina indriani | Editor: galih permadi
TRIBUNJATENG/DINA INDRIANI
Sekda Batang, Lani Dwi Rejeki saat membuka kegiatan Bimtek Optimalisasi Kinerja BUMD di Hotel Sendangsari, Kamis (28/10/ 2021). 

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Dengan adanya keberadaan berbagai Kawasan Industri, seperti Kawasan Industri Terpadu atau KIT Batang dan Batang Industrial Park (BIP) serta kawasan industri lainya.

Sekda Batang, Lani Dwi Rejeki, berharap BUMD Batang dapat menangkap peluang yang ada sehingga diharapkan potensi tersebut dapat meningkatkan PAD Batang.

Dalam mendukung hal itu, Pemkab Batang melalui Bagian Perekonomian dan SDA Setda Batang menggelar Bimtek Optimalisasi Kinerja BUMD di Hotel Sendangsari, Kamis (28/10/ 2021).

"Dengan adanya bimtek ini kami harapkan kinerja BUMD Batang yang sudah baik bisa lebih baik lagi. Kami berharap BUMD dapat berkontribusi meningkatkan PAD Kabupaten Batang," tutur Lani usai membuka Bimtek.

Lebih lanjut, diakuinya di masa pandemi ada beberapa BUMD yang merugi namun saat ini perlahan sudah mulai kembali normal.

"Memang ada beberapa BUMD yang merugi, tetapi saat ini mulai normal, kami berharap BUMD di Batang bisa bisa berkontribusi untuk kemajuan daerah," ujarnya.

Meski begitu, Lani menyebut BUMD Batang sudah cukup baik karena bisa bertahan bahkan ada peningkatan dividen.

"Walaupun pandemi tapi BUMD Batang masih bagus, bahkan ada peningkatan di tahun 2020 lalu BUMD dapat memberikan dividen hingga Rp 12 Miliar naik dari tahun sebelumnya yang mencapai Rp 11, Miliar," jelasnya.

Ia erharap target dividen BUMD Batang tahun depan bisa tembus hingga Rp15 Milyar.

"Melihat perkembangan di masa pandemi yang masih cukup bagus, insyaallah kami optimis ke depan BUMD Batang bisa mendapatkan dividen hingga Rp15 Miliar," imbuhnya.

Kabag Perekonomian dan SDA Setda Batang, Suwanto menjelaskan, berbagai materi diberikan dalam Bimtek Optimalisasi Kinerja BUMD termasuk sosialisasi terkait Perbup Nomor 50 Tahun 2021 yang mengatur pengadaan barang dan jasa di lingkungan BUMD.

"Untuk pesertanya berjumlah 60 orang dari perwakilan BUMD dan Bagian Perekonomian," ujarnya.

Bimtek digelar selama dua hari hingga 29 Oktober mendatang, dengan digelarnya Bimtek ini dia berharap bisa mendorong kinerja BUMD semakin bagus.

"Kami berharap dengan kegiatan ini bisa memberikan penyegaran dan motivasi pengelola BUMD agar bisa melaksanakan tugasnya, sehingga bisa mendorong kualitas dan layanan BUMD Batang yang lebih baik," pungkasnya.(din)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved