Breaking News:

Berita Semarang

Rahasia Kesembuhan 12 Pasien TB MDR di RSUP dr Kariadi Semarang

Sebanyak 12 pasien multidrug-resistant tuberculosis (TB MDR) sembuh setelah menjalani perawatan selama 9 hingga 24 bulan di RSUP dr Kariadi Semarang.

Penulis: faisal affan | Editor: Daniel Ari Purnomo
RSUP dr Kariadi Semarang
perwakilan pasien TB MDR yang sembuh setelah menjalani pengobatan mendapatkan piagam penghargaan. Piagam penghargaan diberikan karena sudah disiplin dalam mengkonsumsi obat dan perawatan. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Sebanyak 12 pasien multidrug-resistant tuberculosis (TB MDR) sembuh setelah menjalani perawatan selama 9 hingga 24 bulan, yang diawasi oleh tim dokter dari RSUP Dr. Kariadi Semarang.

Kesembuhan ke 12 pasien tersebut berkat kedisiplinannya dalam mengkonsumsi obat TB MDR.

Meskipun obat tersebut memberikan beberapa efek samping.

Humas RSUP Dr. Kariadi Semarang, Parna, mengatakan pencapaian ini merupakan kerja keras dan pengorbanan pasien dalam menghadapi TB MDR.

"Ini juga bentuk dari upaya kami untuk memutus mata rantai penyakit TB MDR di dalam keluarga, lingkungan, dan masyarakat," terangnya.

Parna menambahkan, RSUP Dr. Kariadi sendiri sudah memulai program TB MDR sejak November 2013. Sedangkan secara nasional sudah dimulai sejak 2009.

"Kesembuhan yang dicapai oleh pasien juga tidak lepas dari peran serta rumah sakit, instalasi, TAK, case manager, perawat, serta para pendamping pasien," tegasnya.

Perlu diketahui, sejak tahun 2013 RSUP Dr. Kariadi Semarang juga menjadi pioner dalam pemeriksaan TCM, pemeriksaan LPA, sebagai rujukan di provinsi Jawa Tengah, serta ikut aktif berkontribusi dalam membangun pelayanan TB MDR.

"Kami juga turut membantu rumah sakit lain dalam merawat pasien TB MDR. Seperti RSUP Soeradji Tirtonegoro Klaten, RSUP Aryo Wirawan Salatiga, RSUD Kardinah Tegal, RSUD Dr. Soesilo Slawi Kabupaten Tegal, RSUD Goeteng Purbalingga, RSUD Sunan Kalijaga Demak, RSUD Dr. Loekmono Hadi Kudus, RSUD Djojonegoro Temanggung, RSUD Wongsonegoro Kota Semaran," bebernya.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun oleh RSUP Dr. Kariadi Semarang, sejak 2013 sudah meluluskan 260 pasien sembuh dan 651 – 75 on going.

"Jumlah total pasien sampai saat ini adalah 584 pasien dengan angka keberhasilan pengobatan adalah 2016 : 61.1%, 2017 : 62,69%," ujarnya.

Ke depan, RSUP Dr. Kariadi Semarang memiliki tantangan yang lebih berat.

Yakni harus meningkatkan layanan cakupan diagnosis dan keberhasilan pengobatan pasien.

"Kami juga harus meningkatkan mutu layanan sebagai Center of Excellence TB MDR, menjadi pusat studi pelayanan TB MDR di Indonesia, pusat rujukan TB MDR di Jawa Tengah, pusat rujukan laboratorium LPA, DST lini dua, maupun obat baru seperti Linezolid, Bedaquilin, serta Delamianid," pungkas Parna.(afn)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved