Breaking News:

Berita Pati

Punya Potensi Menggiurkan, Agrowisata Omah Kopyor Pati Jadi Lokasi Belajar Petani Jogja

Potensi agrowisata kelapa kopyor yang dimilik Desa Ngagel, Kecamatan Dukuhseti, menjadi daya tarik tersendiri bagi para petani asal Daerah Istimewa Yo

Penulis: Mazka Hauzan Naufal | Editor: m nur huda

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Potensi agrowisata kelapa kopyor yang dimilik Desa Ngagel, Kecamatan Dukuhseti, menjadi daya tarik tersendiri bagi para petani asal Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Sabtu (30/10/2021), puluhan petani asal Dukuh Naungan, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Bantul, DIY, berkunjung ke Agrowisata Omah Kopyor Desa Ngagel.

Para petani yang tergabung dalam kelompok Tani Lestari Mulyo ini didampingi Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) DIY. 

Mereka belajar langsung cara penanaman kelapa kopyor yang baik dan benar di sentra kelapa kopyor yang berada di Kabupaten Pati itu.

Kasi Produksi Tanaman Perkebunan pada DPKP DIY, Bambang Budiadi, menilai potensi agrowisata kelapa kopyor yang dipadukan dengan sajian kuliner sebagaimana di Dukuhseti ini sangat menjanjikan. 

Ia menyebut, di wilayahnya, model wisata seperti ini belum ada. 

"Para petani sengaja jauh-jauh datang ke sini untuk melihat teknis penanaman kelapa kopyor secara langsung. Ternyata agrowisata yang dipadukan dengan kuliner seafood di sini sangat menjanjikan. Nantinya di Jogja bisa kami padukan dengan kuliner ayam ingkung," kata Bambang.

Ia menyebut, kunjungan ke Omah Kopyor di Desa Ngagel murni inisiatif dan swadaya para petani yang ingin mengembangkan agrowisata kelapa kopyor di Yogyakarta.

Bambang berharap, dengan mengetahui cara penanaman dan perawatan kelapa kopyor yang benar, para petani akan mampu meningkatkan perekonomian sehingga mampu bangkit pascapandemi Covid-19.

"Kebetulan kondisi geografis di Dukuh Naungan hampir sama seperti di sini. Sehingga kami yakin bisa mengembangkan potensi agrowisata kopyor di Yogyakarta," ucap dia. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved