Breaking News:

Berita Demak

Viral Petani Ceburkan Diri ke Sawah karena Harga Bawang Merah Anjlok, Ini Respons Pemkab Demak

Menurutnya, terdapat ketidakwajaran dari turunnya harga bawang merah secara drastis lantaran belum memasuki masa panen raya.

Penulis: Reza Gustav Pradana | Editor: m nur huda
Istimewa
Seorang petani menceburkan diri ke sawah berlumpur lantaran harga bawang yang sedang panen anjlok. 

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UMKM Kabupaten Demak, Iskandar Zulkarnain, mengatakan bahwa pihaknya bersama Dinas Pertanian Demak dan instansi lain akan mengadakan rapat untuk menyelesaikan persoalan anjloknya harga bawang merah di Kab Demak, khususnya di kalangan para petani.

Ia mengatakan bahwa rapat tersebut rencananya akan diadakan pada Senin (1/11/2021) mendatang.

“Kami akan segera mencari tahu penyebab dan berupaya menyelesaikan turunnya harga bawang yang dialami oleh para petani,” ungkapnya, Jumat (29/10/2021).

Menurutnya, terdapat ketidakwajaran dari turunnya harga bawang merah secara drastis lantaran belum memasuki masa panen raya.

Meskipun demikian, dari datanya menunjukkan harga bawang merah di pasar-pasar tradisional di Kabupaten Demak rata-rata masih sekitar Rp 24 ribu per kilogram per Kamis (28/10/2021).

Sedangkan, dari pantauan di lapangan, para petani mengeluhkan harga bawang yang saat ini sudah mulai dipanen tersebut anjlok hingga menjadi di bawah Rp 10 ribu, yakni mulai Rp 6 ribu hingga Rp 9 ribu.

Pada umumnya, para petani bisa meraup untung jika harga rata-rata minimal bawang merah senilai Rp 10-15 ribu per kilogram.

Namun, harga bawang merah tersebut kini anjlok hingga di bawah Rp 10 ribu, sekitar Rp 6-9 ribu, di mana para petani mengaku merugi.

Seorang petani bawang merah di Desa Kuwu, Kec Dempet, Kab Demak, Karto Diharjo (40), mengungkapkan kekecewaannya karena bawang yang sudah ditanamnya tersebut akhirnya membuatnya rugi.

“Benar-benar merugi ini. Dari beli bibit, pupuk, obat dan perawatan juga sudah mahal. Untuk modalnya juga pinjam uang,” tambahnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved