Breaking News:

Berita Pekalongan

Dinkes Kota Pekalongan Optimistis Target Vaksinasi Lansia Tercapai di Bulan November

Dinas Kesehatan Kota Pekalongan terus melakukan terus melakukan percepatan cakupan vaksinasi untuk lansia,

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: galih permadi

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Dinas Kesehatan Kota Pekalongan terus melakukan terus melakukan percepatan cakupan vaksinasi untuk lansia, karena hingga saat ini presentasi untuk lansia masih rendah di Jawa Tengah.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan Slamet Budiyanto mengatakan, saat ini capaian vaksinasi untuk masyarakat umum 69 %. Sementara, untuk vaksinasi lansia di Kota Pekalongan baru mencapai 42 %.

"Untuk vaksinasi bagi masyarakat umum data per kemarin sudah mencapai 69 % dari target 70 %. Artinya, untuk mencapai 70 persen, sebenarnya tinggal menunggu waktu saja."

"Hanya kendalanya ada di vaksinasi lansia, untuk mencapai target 60 % amannya dibutuhkan sekitar 5.000 orang lansia lagi yang harus divaksin untuk mencapai target 60 persen," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan Slamet Budiyanto, Senin (1/11/2021).

Menurut Slamet, rendahnya cakupan vaksin untuk lansia ini disebabkan beberapa hal. Di antaranya mulai dari keterbatasan stok hingga banyaknya lansia yang belum divaksin karena takut efek sampingnya.

Selain itu, ada juga lansia yang tidak ada kerabat untuk mengantarkan ke fasilitas kesehatan.

"Dinkes akan terus mendongkrak cakupan vaksinasi lansia. Di antaranya melakukan pendekatan terhadap lansia, agar tidak takut menerima vaksin.

Tidak hanya itu, kami juga mendekatkan pelayanan vaksinasi secara jemput bola (door to door), hingga pelayanan vaksinasi dengan menerjunkan tenaga kesehatan dan berkolaborasi dengan babinsa serta bhabinkamtibmas untuk menyisir setiap rumah yang terdapat lansia," ujarnya.

Slamet memaparkan, jika memungkinkan target vaksin yang didistribusikan per kelurahan setiap harinya paling tidak ada 10 orang lansia tervaksin. Dimana di Kota Pekalongan sendiri ada 27 kelurahan, sehingga dalam sehari ada 270 orang lansia.

"Dari jumlah tersebut, jika dikonversikan sudah lebih dari 1 %. Karena, jumlah target harian vaksinasi di Kota Pekalongan untuk 1 % 240 orang lansia per harinya. Lansia di Kota Pekalongan ada 24 ribu lansia, berarti 240 orang lansia per harinya tervaksin," jelasnya.

Ia menambahkan, dengan jumlah 270 orang lansia di 27 kelurahan itu bisa tercapai setiap hari, maka pihaknya optimis kurang dari 20 hari untuk vaksinasi lansia sudah bisa mencapai 60 %.

"Harapannya target vaksinasi lansia ini bisa tercapai, paling lambat pada akhir bulan November ini Kota Pekalongan bisa mencapai 60 %. Sehingga, level Kota Pekalongan dalam status PPKM bisa turun ke level 1," tambahnya. (Dro)

TONTON JUGA DAN SUBSCRIBE :

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved