Breaking News:

Berita Sragen

PMI Sragen Tambah Tim Relawannya Sebanyak 18 Orang

PMI Sragen tambah tim relawannya 18 orang, setelah melalui seleksi dari 45 orang.

Penulis: Mahfira Putri Maulani | Editor: sujarwo
Dok. PMI Sragen
Wakil Ketua 2 Bidang Penanggulangan Bencana dan Relawan, Bambang ketika melantik tim relawan baru PMI Sragen. 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – Palang Merah Indonesia (PMI) Sragen menambah tim relawannya 18 orang.

Sebanyak 18 orang ini terpilih setelah melalui seleksi dari 45 orang.

Sebanyak 18 orang relawan yang tergabung dalam Korps Sukarela ini telah dilantik Wakil Ketua 2 PMI Sragen Bambang, di Sambiduwur Kecamatan Tanon, Minggu (31/10/2021) kemarin.

Wakil Ketua 2 Bidang Penanggulangan Bencana dan Relawan, Bambang mengatakan menjadi relawan PMI memang tidak.

Dari tahapan awal diklat yang dimulai sejak awal September peserta dibekali berbagai materi diantaranya Kepalangmerahan, Hukum Perikemanusiaan Internasional, Pertolongan Pertama dan BHD.

"Selain itu manajemen bencana, dapur umum, psikologi sosial, assesment, manajemen of the dead, ilmu komunikasi, donor darah hingga praktek lapangan pertolongan pertama dan evakuasi, praktek vertical rescue dan pertolongan di air," kata Bambang, Senin (1/11/2021).

Banyaknya materi dan tahapan ini dikatakan Bambang membuat para peserta gugur dengan sendirinya atau seleksi alam hingga jumlah sekarang ini, 18 orang.

Total waktu yang dijalani peserta yakni selama dua. Bambang menegaskan peserta yang bertahan sampai pelantikan adalah orang-orang pilihan yang sudah menetapkan niatnya mengabdi dibidang kemanusiaan.

Bambang melanjutkan setelah ini masih ada tahap selanjutnya yakni magang, yakni peserta diklat diikutkan dalam kegiatan lapangan sesungguhnya, penanganan bencana, piket ambulans 24 jam dan penangan kecelakaan lalu lintas. 

"Ditahap ini peserta memang benar-benar diajak dalam kegiatan PMI sesungguhnya. Namun tetap mereka dibawah pengawasan anggota relawan PMI berbaur dengan relawan lainya dengan masyarakat dengan korban bencana," lanjut dia.

Dengan tahapan ini, diharapkan setelah menjadi anggota sudah terbiasa dalam kegiatan Kepalangmerahan. Untuk menjadi relawan PMI (KSR) peserta harus menempuh 120 jam materi, keseluruhan berupa teori dan praktek.

Bambang mengatakan untuk saat ini, setidaknya ada 50an relawan PMI Sragen yang aktif. Ditubuh PMI sendiri ada berbagai macam relawan, diantaranya Korps Sukarela (KSR), Tenaga Sukarela (TSR).

Masih ada Palang Merah Remaja (PMR), Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) dan Relawan Donor Darah. Meskipun beranekaragam, seluruhnya bersama-sama bertujuan membantu sesama dan menegakan nilai-nilai kemanusiaan. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved