Breaking News:

Berita Pati

Prosentase Vaksinasi Kabupaten Pati Capai 48,5 Persen

Progres vaksinasi di Kabupaten Pati tercatat telah mencapai 48,5 persen dari sekira 1,05 juta sasaran.

Pemkab Pati
Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 serta Evaluasi Pelaksanaan Vaksinasi di Pendopo Kabupaten Pati, Selasa (2/11/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Progres vaksinasi di Kabupaten Pati tercatat telah mencapai 48,5 persen dari sekira 1,05 juta sasaran.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Pati Haryanto saat memberikan pengarahan dalam Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 serta Evaluasi Pelaksanaan Vaksinasi di Pendopo Kabupaten Pati, Selasa (2/11/2021).

Menurut Haryanto, saat ini semua daerah sedang mengejar ketertinggalan capaian vaksinasi dari daerah lain. Tak terkecuali Kabupaten Pati.

Ia menambahkan, masih perlu upaya lebih keras lagi agar status PPKM di Kabupaten Pati menjadi level 2.

"Capaian vaksin keseluruhan memang harus 50 persen (untuk turun ke PPKM Level 2). Namun selain itu juga harus memperhatikan capaian vaksinasi untuk warga lanjut usia. Capaian Vaksinasi lansia sejauh ini baru 31 persen," jelas dia. 

Ia menyebut, apabila stok dosis vaksin yang tersedia di Pati saat ini digunakan untuk para pelajar, angka 50 persen bisa segera tercapai. 

"Namun capaian vaksinasi untuk lansia kita masih kurang. Padahal agar status PPKM bisa ke level 2, vaksinasi lansia harus 40 persen," tutur dia. 

Haryanto menyebut, saat ini Kabupaten Pati masih punya stok vaksin yang harus segera disuntikkan, yaitu jenis Astrazeneca, Pfizer, dan Sinovac. 

"Namun untuk Sinovac tidak lagi digunakan untuk vaksin tahap pertama, melainkan bagi yang menunggu vaksinasi tahap kedua, sesuai dengan arahan Gubernur Jateng kemarin," jelas dia. 

Menurut Haryanto, gerakan gotong-royong dan keroyokan dalam pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Pati harus terus dilaksanakan karena terbukti sangat efektif. 

"Apabila hal tersebut tidak dilakukan, sudah pasti progres capaian vaksinasi di Pati lebih lambat," kata Haryanto

Karena itu, ia meminta semua pihak, termasuk kalangan swasta, untuk terus berpartisipasi membantu pemerintah dalam melaksanakan vaksinasi Covid-19.

Terkait hal ini, Sekda Pati Jumani mengungkapkan bahwa prosentase capaian vaksinasi 48,5 persen merupakan hasil kerja keras semua pihak. 

"Mulai dari Dinas Kesehatan Pati, Puskesmas, TNI, Polri, rumah sakit, camat, hingga para stakeholder terkait, kami ucapkan terima kasih untuk semua kerja kerasnya," ujar Jumani. (mzk)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved