Breaking News:

Berita Kesehatan

Wresah Jarang Diketahui, Tumbuhan Ini Kaya Manfaat Pereda Batuk Hingga Pembersih Area Kewanitaan

Tumbuhan Renggasa atau Wresah (Amomum dealbatum Roxb) termasuk dalam Family Zingiberaceae.

Editor: galih permadi
Budi Santoso/BKSDA Jateng
Wresah Jarang Diketahui, Tapi Tumbuhan Ini Bermanfaat 

TRIBUNJATENG.COM - Tumbuhan Renggasa atau Wresah (Amomum dealbatum Roxb) termasuk dalam Family Zingiberaceae.

Family ini dikenal memiliki keragamann dan manfaat yang tinggi. Tumbuhan ini merupakan Tumbuhan khas Pulau Lombok yang masih jarang dimanfatkan.

Rengga di daerah lain di Indonesia biasa dikenal sebagai Wresah (Jawa) dan Hanggasa (Sunda) langkasa (Kangean); renggak (lombok.).

Bagian tumbuhan yang dapat digunakan adalah buah, biji, dan rimpang Buahnya dikenal juga sebagai Java cardamom (Ingg.) (Muliasari et al., 2019).

Manfaat
Wresah banyak dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional. Khisha et al. (2012) melaporkan penggunaakn ekstrak rimpang rengga oleh masyarakat Banglades untuk mengobati abses.

Pada masyarakat Filipina rebusan dari rimpang digunakan untuk mengatasi batuk dan buahnya untuk mengobati diare (Dalisey et al., 2018; Hanifa et al., 2021).

Di Indonesia, rengga juga dimanfaatkan sebagai pembersih area kewanitaan dengan memanfaatkan air rebusan dari rimpangnya (Sinaga et al., 2000), sedangkan di daerah Narmada Lombok Barat masyarakat memanfaatkan rebusan daun rengga sebagai air mandi wanita pasca persalinan.

Rebusan air tersebut dianggap dapat menghilangkan bau dari darah nifas (Hanifa et al., 2021).

Morfologi
Merupakan habitus terna, berbatang semu dengan tinggi maksimal mencapai 3 m.

Daun tunggal, berbentuk memanjang (oblongatus), pangkal dan ujung daun meruncing (acuminatus), tepi daun rata agak bergelombang. Panjang daun 30-90 cm dengan lebar 10-20 cm.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved