Breaking News:

Berita Batang

FGD Rencana Detail Tata Ruang Kabupaten Batang

Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional bersama Pemerintah Kabupaten Batang menggelar Focus Group Discussion.

Penulis: dina indriani | Editor: Daniel Ari Purnomo
Pemkab Batang
Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional bersama Pemerintah Kabupaten Batang melalui DPUPR Batang menggelar FGD Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) kawasan perkotaan Kabupaten Batang di Hotel Sendang Sari, Rabu (3/11/2021). 

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional bersama Pemerintah Kabupaten Batang menggelar Focus Group Discussion (FGD) Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) kawasan perkotaan Kabupaten Batang.

Kasubdit Perencanaan Detail Tata Ruang Kawasan Sosial Budaya Wilayah 1 Nuki Harniati mengatakan percepatan penyusunan RDTR ini sebagai dasar perizinan pemanfaatan ruang pada kawasan perkotaan Kabupaten Batang sekaligus sebagai lokasi proyek strategis nasional untuk sektor kawasan pada tahun anggaran 2021.

"Lingkup wilayah perencanaan dari pekerjaan analisis dan penyusunan konsep RDTR kawasan perkotaan yaitu wilayah perencanaan Gringsing dengan luas kurang lebih 5.192,23 hektar," terangnya, Rabu (3/11/2021).

Lebih lanjut, dijelaskan tujuannya FGD RDTR ini, untuk mendapatkan masukan berbagai pihak, baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah Provinsi maupun kabupaten, tokoh masyarakat, akademisi, perwakilan asosiasi, LSM dan swasta.

“Jika penataan ruang wilayah Kabupaten Batang sudah jadi, maka nanti akan terwujud ruang wilayah yang memiliki daya tarik bagi investasi pada sektor industri, pertanian, perikanan, dan pariwisata dengan tetap memperhatikan kondisi lingkungan yang aman, nyaman, produktif, dan berkelanjutan,” jelasnya.

Dia berharap penyusunan teknis RDTR wilayah perencanaan Gringsing dapat berhasil agar nantinya daerah situ menjadi pusat pelayanan kawasan

"Semoga hari ini pembahasan indikasi program dan ada penyepakatan ketentuan pemanfaatan ruang sehingga terjadi sinkronisasi perencanaan tata ruang dengan wilayah berbatasan," pungkasnya.(din)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved