Breaking News:

Berita batang

Lomba Keterampilan, Ibu-ibu Dharma Wanita Batang Ubah Sedotan Jadi Tas Cantik 

Ibu-ibu Dharma Wanita (DWP) Batang berlomba adu keterampilan dalam mendaur ulang plastik.

Penulis: dina indriani | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Dina Indriani
Dharma Wanita Kabupaten Batang menggelar lomba keterampilan daur ulang limbah plastik, Selasa (2/11/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Sebagai upaya mengurangi plastik, ibu-ibu Dharma Wanita (DWP) Kabupaten Batang berlomba adu keterampilan dalam mendaur ulang plastik.

Mereka dituntut untuk berkreatifita

Dharma Wanita Kabupaten Batang menggelar lomba keterampilan daur ulang limbah plastik, Selasa (2/11/2021).
Dharma Wanita Kabupaten Batang menggelar lomba keterampilan daur ulang limbah plastik, Selasa (2/11/2021). (Tribun Jateng/Dina Indriani)

s dengan sedotan plastik bekas.

Dari tangan terampil ibu-ibu DWP, sedotan plastik disulap menjadi tas-tas cantik.

Ketua DWP Kabupaten Batang, Maryati Retno Dwi Irianto mengatakan lomba keterampilan ini tak lain untuk menjaga lingkungan serta mendukung program pemerintah dalam mengurangi sampah plastik.

"Mengingat kondisi saat ini sudah rawan sampah plastik apalagi plastik susah untu diurai, sehingga bisa memanfaatkan limbah plastik menjadi suatu kreatifitas yang bermanfaat sekaligus meminimalisir limbah plastik yang ada disekitar kita dengan mendaur ulangnya," terangnya, Selasa (2/11/2021).

Menurutnya, jika limbah plastik tersebut bisa dibuat sekreatif mungkin dan bisa menjadi suatu barang yang bermanfaat maka limbah plastik tersebut bisa dijual bisa menambah penghasilan keluarga.

"Dalam metode pengurangan limbah plastik ini kami terapkan 3NG, yaitu Ngelongi, Nggunake, dan Ngolah, unsur pelaksana DWP bisa mengajak seluruh masyarakat untuk berkreasi dengan limbah plastik," ujarnya.

Dijelaskannya, dalam lomba keterampilan tersebut diikuti oleh 49 ibu-ibu yang tergabung dalam DWP di setiap OPD.

"Semua kerajinan tas limbah sedotan plastik bagus-bagus, ternyata di tangan ibu-ibu ini sedotan plastik bisa menjadi cantik, tas tas ini cocok digunakan saat belanja atau bahkan kondangan," imbuhnya.

Dalam penilaian lomba keterampilan ini, pihaknya melihat dari beberapa kriteria seperti keaslian, kemanfaatan, kreativitas dan inovatifnya.

"Ada beberapa tahap dalam lomba, pertama kami berikan pelatihan terlebih dahulu, dari rumah mereka berkreasi dan mengirimikan video, nah terakhir ini kami melihat langsung fisik aslinya," pungkasnya.(*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved