Breaking News:

Berita Pati

Pemkab Pati Beri Beasiswa Jutaan Rupiah ke Ribuan Siswa Berprestasi

Pemerintah Kabupaten Pati menyerahkan beasiswa pada ribuan pelajar berprestasi tingkat SD dan SMP atau sederajat.

Tribun Jateng/ Mazka Hauzan Naufal
Bupati Pati Haryanto secara simbolis memberikan beasiswa prestasi pada siswa, Rabu (3/11/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Pemerintah Kabupaten Pati menyerahkan beasiswa pada ribuan pelajar berprestasi tingkat SD dan SMP atau sederajat.

Penyerahan beasiswa dilakukan secara simbolis kepada sejumlah perwakilan penerima di Pendopo Kabupaten Pati, Rabu (3/11/2021).

Penyerahan dilakukan oleh Bupati Pati Haryanto, Wakil Bupati Saiful Arifin, serta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pati Winarto.

Winarto menjelaskan terdapat 1.382 siswa jenjang SD/sederajat dan 809 siswa jenjang SMP/sederajat yang menerima beasiswa ini.

Siswa SD mendapat Rp 1 juta. Sementara siswa SMP mendapat Rp 1,5 juta.

Namun, lanjut dia, karena bersifat beasiswa transisi, beasiswa ini diberikan ketika siswa SD sudah naik ke jenjang SMP dan siswa SMP sudah naik ke jenjang SMA.

"Tidak ada penurunan (jumlah beasiswa), karena sudah kami hindarkan dari refocusing anggaran. Pemberian beasiswa ini bertujuan agar anak tidak putus sekolah, wajib belajar 9 tahun tercapai, kemudian anak-anak ini tetap semangat, termotivasi, dan berprestasi sehingga bisa meringankan beban keluarga yang tidak mampu," kata dia.

Sementara, Bupati Pati Haryanto mengatakan bahwa dirinya sangat bersyukur bisa bersama-sama menyerahkan bantuan berupa beasiswa bagi siswa-siswi berprestasi yang kurang mampu. 

Ia menyebut, kegiatan ini rutin dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Pati untuk mengurangi angka putus sekolah.

“Tahun-tahun sebelumnya kita masih bisa mengundang anak-anak dengan jumlah yang cukup besar. Tapi kali ini kita hanya terbatas, karena apa, karena kondisi pandemi ini masih mengkhawatirkan. Sekalipun jumlah kasus Covid-19 ini sudah landai," ungkap dia. 

Ia juga bersyukur karena sekalipun pos-pos anggaran dalam APBD banyak yang terdampak realokasi dan refocusing untuk penanganan pandemi Covid-19, anggaran beasiswa untuk para siswa-siswi tersebut masih dapat dipertahankan. 

“Saya mohon, karena ini lewatnya adalah ke rekening masing-masing anak, jadi nanti jangan ada potongan, dan saya minta agar dipergunakan khusus untuk membeli kebutuhan masuk SMP, SMA atau Madrasah Aliyah," tegas Haryanto. (mzk)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved