Breaking News:

Berita Solo

Suksesi Pura Mangkunegaran, Muncul Dukungan GPH Paundra Jadi Raja Solo Mangkunegara X

Menjelang 100 hari meninggalnya KGPAA Mangkunegara IX, usulan penerus tahta Raja Ke-X mulai mengemuka.

Editor: galih permadi
TribunSolo.com/Agil Tri
Himpunan Kawula Muda Mangkunegaran (HKMM) menyerukan GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara bisa meneruskan tahta ayahandanya saat deklarasi di bawah patung Ir Soekarno (Bung Karno) yang juga kakek dari Paundra di pintu masuk Stadion Manahan Solo, Rabu (3/11/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Menjelang 100 hari meninggalnya KGPAA Mangkunegara IX, usulan penerus tahta Raja Ke-X mulai mengemuka.

Untuk diketahui Raja Mangkunegaran itu meninggal dunia pada 13 Agutus lalu.

Kini, barisan yang mengatasnamakan Himpunan Kawula Muda Mangkunegaran (HKMM) menyerukan GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara bisa meneruskan tahta ayahandanya.

Hal ini ditunjukkan dalam deklarasi di bawah patung Ir Soekarno (Bung Karno) yang juga kakek dari Paundra di pintu masuk Stadion Manahan Solo, Rabu (3/11/2021).

Mereka tampak mengenakan kaus serba hijau yang disablon dengan gambar Paundra dan adiknya GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo.

Sebagian mengenakan kebaya merah hati dan dibalut batik cokelat yang khas Mangkunegaran.

"Semoga Gusti Kanjeng Putri bersama Kerabat Pura Mangkunegaran berkenan menjadikan GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara sebagai Mangkunegara X," kata Ketua HKMM Solo, Krisna Bunga Wardani kepada TribunSolo.com.

Namun selain itu, HKMM ingin kedua putra Mangkunegara IX GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara dan GPH Bhre Cakrahutomo Wirasudjiwo bersatu.

Dia bergarap GPH Bhre menjadi wakil dari GPH Paundra, yakni sebagai Pangeran Prangwedana.

"GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara sebagai Mangkunegara X berdampingan dengan GPH Bhre Cakrahutomo Wirasudjiwo sebagai Pangeran Prangwedana," terang dia.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Solo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved