Breaking News:

Berita Purbalingga

Waspadai Dampak La Nina, Purbalingga Mulai Siapkan Pasukan Siaga Bencana

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan adanya indikasi akan terjadi fenomena La Nina dengan intensitas moderat.

Humas Pemkab Purbalingga
Apel Gelar Pasukan Dalam rangka Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Tahun 2021, Selasa (2/11/2021) di Alun-alun Purbalingga. 

TRIBUNJATENG.COM, PURBALINGGA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan adanya indikasi akan terjadi fenomena La Nina dengan intensitas moderat.

Hal itu berakibat terjadinya pergerakan massa udara basah di atasnya menuju ke kepulauan Indonesia yang memicu peningkatan curah hujan di wilayah Kabupaten Purbalingga.

Seperti yang dikatakan oleh, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purbalingga, Umar Fauzi.

Baca juga: 8 Pencuri Ditangkap di Banjarnegara, Modusnya Pinjam Motor

Baca juga: Ini Besaran Bonus Atlet Peraih Medali di PON Papua dari Pemkab Banyumas

Baca juga: Kakek Sedang Asyik Main TikTok Dipukul Hingga Tak Sadar, Bangun-bangun Motor dan Ponselnya Hilang

Hal ini berkembang terus mencapai intensitas sedang hingga Februari 2022. 

Catatan historis menunjukkan La Nina tahun 2020 lalu menyebabkan terjadinya peningkatan akumulasi curah hujan di pulau Jawa antara 20 persen sampai 70 persen dari kondisi normalnya. 

Hal itu disampaikan Umar dalam Apel Gelar Pasukan Dalam rangka Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Tahun 2021, Selasa (2/11/2021) di Alun-alun Purbalingga.

Oleh karenanya diperlukan kewaspadaan dan kesiapsiagaan akan terjadinya bencana.

Terutama pada lokasi yang mempunyai kerentanan, baik longsor maupun banjir, salah satunya melalui kegiatan Apel Gelar Pasukan ini.

Beberapa unsur yang terlibat dalam kesiapsiagaan ini diantaranya TNI, Polri, Satpol PP, BPBD, Dinhub, Dinkes, DPUPR, PMI, Dinsosdalduk KBPPPA, Baznas, PLN, KPH Wilayah Banyumas Timur, SAR Purbalingga, MDMC, Banser, Purbalingga Reaksi Cepat, Tagana, Kwarcab Pramuka Purbalingga, Rapi, Destana, Mastana, Karang Taruna, Senkom dan Orari. 

Setelah apel ini, masing-masing secara on-call siap menurunkan personel dan peralatan penanggulangan bencana yang dimiliki.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved