Breaking News:

Berita Batang

Bupati Batang Wihaji Hujan Pujian Dari Panelis Pemilihan Anugrah Indeks Daya Saing Daerah

 Bupati Batang Wihaji mendapat sanjungan dari panelis pemilihan Anugrah Indeks Daya Saing Daerah

Penulis: dina indriani | Editor: galih permadi
dok Diskominfo Batang
Batang Wihaji saat memberikan paparan pembangunan Kabupaten Batang di Anugrah Indeks Daya Saing Daerah yang berlangsung di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jawa Tengah, Semarang, Kamis (4/11/2021). 

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Bupati Batang Wihaji mendapat sanjungan dari panelis pemilihan Anugrah Indeks Daya Saing Daerah yang berlangsung di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jawa Tengah, Semarang, Kamis (4/11/2021). 

Pertanyaaan yang dilontarkan dari tiga dewan juri yang berasal dari akademisi, jurnalis dan Badan Riset Daerah mampu dijawab dengan lugas oleh orang nomor satu di Kabupaten Batang itu.

Dewan Juri Anugrah Indeks Daya Saing Prof. Dr. Ir. Saratri Wilonoyudho, M.Si dari Unnes menyatakan dari pemaparan yang disampaikan Bupati Wihaji ada komitmen yang kuat untuk memajukan Kabupaten Batang. 

Komitmen itu terlihat dari inovasi dalam pelayanan kemudahan perizinan berinvestasi, maupun pelayanan publik yang menyangkut hak - hak dasar masyarakat. 

"Hadirnya kawasan industri besar di Batang menjadi bukti dan mampu mendatangkan investor besar akan berdampak pada kesejahteraan rakyat yang tidak mengorbankan lingkungan hidup di Batang," tutur Saratri.

Ia pun menyanjung Bupati Wihaji sebagai kepala daerah yang inovasinya sangat visioner dan berdampak terhadap pembangunan di Kabupaten Batang. 

"Saya melihat inovasi - inovasi yang disampaikan Bupati Wihaji cukup baik, walaupun belum dilembagakan.

Tadi saya juga melihat tayangan vidio Mal Pelayanan Publik (MPP) terkait SIM drive thrue nya hanya butih waktu 7 menit. Semoga saja ada inovasi pelayanan publik lainya yang efektif, cepat dan sederhana," ujarnya.

Tidak hanya itu, Saratri juga menyinggung kinerja Bupati Wihaji yang memiliki komitmen dengan mewajibkan kepala OPD membuat tiga inovasi setiap tahunya. 

"Hasil inovasi ini harus dilembagakan dengan baik dan di evaluasi serta dimanfaatkan untuk kemaslahatan maayarakat," ujarnya. 

Dalam pemaparannya di hadapan dewan juri, Bupati Wihaji menyampaikan, Kabupaten Batang masuk 10 besar perencanaan terbaik untuk dokumen RKPD di Provinsi Jawa Tengah secara berturut turut yaitu di tahun 2019, 2020  2021, sehingga mendapatkan penghargaan pembangunan derah (PPD) 

Tidak hanya itu, Batang juga meraih Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI,  lima kali berturut turut sejak tahun 2016 hingga 2020. 

Batang juga mendapat predikat sangat inovative dalam inovation Goverment Award tahun 2020 dan meraih peringkat dua se Indonesia Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di tahun 2018.

Dari segi perekonomian nilai investasi Kabupaten Batang pada periode Januari hingga Sepetember 2021 angkanya mencapai Rp 5,5 triliun dan menjadi tertinggi nomor dua setelah kota Semarang. (din)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved