Breaking News:

Berita Kendal

431 Nelayan Kendal Dapat Bantuan Solar Subsidi 200 liter

Sebanyak 431 nelayan di Kabupaten Kendal mendapatkan bantuan solar subsidi 200 liter.

Penulis: Saiful Ma'sum | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Saiful Ma'sum
Bupati Kendal Dico M Ganinduto memberikan bantuan saldo rekening solar kepada sejumlah nelayan di Kecamatan Cepiring, Jumat (5/11/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Sebanyak 431 nelayan di Kabupaten Kendal mendapatkan bantuan solar subsidi 200 liter oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Tengah.

Masing-masing nelayan mendapatkan bantuan dalam bentuk saldo rekening Rp 1.030.000 yang hanya bisa dicairkan untuk pembelian solar.

Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kendal, Hudi Sambodo mengatakan, 431 nelayan yang mendapatkan bantuan adalah yang lolos seleksi di tingkat provinsi.

Jumlah ini baru sebagian kecil dari total nelayan Kendal mencapai 9.450 orang.

"Yang mendapatkan bantuan ini nelayan yang lolos verifikasi tingkat Jawa Tengah. Yaitu nelayan yang punya kartu Kusuka. Bentuknya saldo rekening yang hanya bisa dicairkan untuk beli solar," terangnya di Kendal, Jumat (5/11/2021).

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto menyampaikan, bantuan ini merupakan stimulus kepada nelayan atas problem keterbatasan jatah solar subsidi pada 2021.

Total bantuan yang diberikan sebesar Rp 443.930.000 untuk 431 nelayan.

Pihaknya sudah bersurat kepada Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi dengan mengajukan tambahan alokasi solar subsidi 12.591 kilo liter untuk mencukupi kebutuhan 2.044 kapal nelayan pada 2022.

Usulan tersebut nantinya diteruskan ke Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) untuk diputuskan.

"Problem ini sudah kami sampaikan ke pertamina dan pemerintah provinsi. Supaya ke depan tidak terjadi lagi kendala stok solar subsidi," harapnya.

Selain itu, turut diberikan bantuan rehabilitasi TPI Tanggulmalang Kecamatan Cepiring dengan nilai Rp 101 juta. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved