Breaking News:

Berita Karanganyar

654 Orang Ajukan Reward Masuk PTN Dari Pemkab Karanganyar, Mahasiswa S1 Dapat Rp 2,5 Juta

Sebanyak 654 orang telah mengajukan reward masuk perguruan tinggi negeri (PTN) dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar. 

Penulis: Agus Iswadi | Editor: moh anhar
TRIBUN JATENG/AGUS ISWADI
Kantor Disdikbud Karanganyar. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Sebanyak 654 orang telah mengajukan reward masuk perguruan tinggi negeri (PTN) dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Karanganyar, hingga saat ini sudah ada 654 orang yang mengajukan reward tersebut.

Akan tetapi jumlah tersebut kemungkinan masih bertambah karena masih dilakukan proses memasukan data.

Reward masuk PTN yang diberikan senilai Rp 2,5 juta bagi mahasiswa S-1 dan Rp 1,5 juta bagi mahasiswa D-3.

Bantuan tersebut hanya diberikan satu kali saja kepada calon penerima. 

Baca juga: Siswa SMPN 3 Pati Ciptakan Alat Ventilasi Udara untuk Penderita Covid-19 yang Isoman

Baca juga: Keren, Dua Tim Riset Siswa MTsN 1 Pati Raih Medali dalam Ajang Penemuan Sains Internasional

Kasi Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Amirudin menyampaikan, sebelumnya dinas hanya dapat mencairkan bantuan tersebut satu kali saja karena sebagian anggaran digunakan untuk penanganan pandemi Covid-19 pada tahun lalu. 

"Tahun ini kita bisa mencarikan dua kali, April kemarin sudah mencarikan. Setelah itu masuk berkas baru. Lha ini yang akan kita carikan," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Jumat (5/11/2021). 

Dia menuturkan, dari berkas baru yang telah masuk sejumlah 654 orang tidak dapat dicairkan semua pada tahun ini karena anggaran yang terbatas. Sebagian akan dicairkan pada tahun depan. 

"Kebetulan anggaran kita masih sekitar Rp 200 juta sekian. Nanti kami ambil yang pertama dari 600 sekian itu. Kita ambil rangking satu hingga berapa, sampai (anggaran) habis. Nanti distop dulu, sisanya (dicairkan) tahun depan ," ucapnya. 

Mengacu aturan baru Perbup Nomor 52 Tahun 2021, lanjutnya, ketentuan mahasiswa PTN yang mengajukan reward batas akhir pengajuannya dua tahun setelah lulus SMA/SMK sederajat. 

Mahasiswa yang kuliah di semua PTN melalui jalur SBMPTN dapat mengajukan reward tersebut.

Baca juga: BREAKING NEWS: Kecelakaan Maut 2 Motor Tabrakan di Semarang: 1 Orang Tewas di TKP

Baca juga: Ikut Vaksinasi di PT GS Battery, Dapat Voucher Belanja

Sedangkan bagi mahasiswa yang kuliah di PTN melalui jalur mandiri dibatasi berlaku bagi beberapa PTN saja. 

Adapun dinas tidak membatasi waktu pengajuan reward tersebut. Berkas dapat diserahkan ke Bidang PAUD dan Dikmas Disdikbud Karanganyar.

Berikut berkas yang harus dikumpulkan seperti, menyerahkan surat keterangan dari perguruan tinggi sebagai mahasiswa aktif serta keterangan jalur masuk perguruan tinggi negeri, menyerahkan fotokopi ijazah terakhir yang telah dilegalisir, menyerahkan surat asli keterangan domisili, menyerahkan fotokopi KTP dan KK Kabupaten Karanganyar, dan menyerahkan fotokopi rekening bank Jateng calon penerima. (*) 

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved