Berita Semarang

Cara Iga Usaha RollnRolls Sukses Atur Keuangan 

Tahun 2019, Iga Merapia Sindrichia (31) sempat tak yakin akan usaha barunya, RollnRolls.

Penulis: Idayatul Rohmah | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Idayatul Rohmah
Iga Merapia Sindrichia (31) pemilik usaha RollnRolls. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Tahun 2019 lalu, Iga Merapia Sindrichia (31) sempat tak yakin akan usaha barunya, RollnRolls.

Banyaknya kesalahan yang dibuat terutama di bidang keuangan membuatnya cukup khawatir apabila tidak bisa berjalan sukses.

"Kesalahan itu di antaranya tercampurnya keuangan usaha dan keuangan pribadi, saya kesulitan untuk bagaimana caranya agar pencatatan keuangan itu bisa rapi. Selain itu dalam hal manajemen usaha saya juga masih sangat kurang," ungkapnya mengenang awal menggeluti usaha.

Belajar dan terus belajar, itulah yang dilakukannya hingga bisa bertahan sampai saat ini.

Ia mengatakan, berbagai pelatihan pun diikuti termasuk pelatihan berjenjang yang digelar oleh Balatkop Provinsi Jawa Tengah dengan Dinas Koperasi UKM Provinsi Jateng.

Dalam pelatihan itu ia dimentori Bio Hadikesuma Management Training & Consulting (BHMTC).

"Melihat akan diadakannya pelatihan leveling di media sosial saya langsung tertarik dan mendaftarkan karena melihat manajemen usaha dan keuangan. 

Ternyata sangat tepat saya mengikuti pelatihan berjenjang ini, pencatatan keuangan saya sekarang sudah rapi dan tujuan usaha semakin jelas. Masalah-masalah internal dalam bisnis juga satu persatu mulai teratasi," kata Iga.

Iga memaparkan, RollnRolls merupakan produsen makanan ringan sereal sehat dengan inovasi dari dry version kue basah.

Usahanya tersebut berlokasi di Kota Magelang, Jawa Tengah. Usaha tersebut berdiri sejak Desember 2019, berawal dari seringnya menemui teman dan saudara yang terlalu sibuk menyiapkan makanan sehat yang enak bagi diri sendiri dan keluarga terutama untuk sarapan pagi.

Hal itu mendorongnya berinovasi untuk membuat cemilan yang juga bisa dimakan sebagai sereal namun dalam versi yang lebih sehat dan unik.

Dikatakan, aetelah melakukan beberapa kali percobaan akhirnya RollnRolls memiliki 3 produk yaitu Browminies(versi kering dari brownies), Minicinrolls(versi kering dari cinnamonrolls), dan Microissant(versi kering dari croissant).

Ketiganya dapat dinikmati sebagai sereal maupun camilan.

Ia melanjutkan, di tengah pandemi ini usahanya juga sempat terdampak.

Namun dengan terus belajar dan mengikuti berbagai pelatihan, ia bisa segera menemukan cara untuk bertahan.

"Pandemi tentunya berdampak pada RollnRolls. Namun dengan adanya pelatihan berjenjang ini kami terlatih untuk terus berfikir untuk menemukan solusi bagi usaha kami sehingga bisa terus bertahan bahkan berkembang. Semoga dengan adanya pelatihan berjenjang seperti ini juga akan dapat memacu UMKM menjadi lebih baik dan meningkatkan ekonomi bangsa. Pendampingan pemerintah bagi UMKM terutama di masa pandemi ini semoga akan semakin baik agar UMKM bisa bangkit kembali," imbuhnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved