Breaking News:

Berita Sragen

Harga Minyak Goreng Curah di Sragen Naik Perlahan Sejak 3 Bulan Lalu, Siginifikan 3 Minggu Terakhir

Harga minyak goreng curah di Sragen mulai merangkak naik selama kurnag lebih tiga bulan.

Penulis: Mahfira Putri Maulani | Editor: sujarwo
kompas
Ilustrasi. Minyak goreng curah 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – Harga minyak goreng curah di Kabupaten Sragen mulai merangkak naik selama kurnag lebih tiga bulan

. Kenaikan tertinggi baru terjadi tiga Minggu terakhir.

Harga minyak goreng curah mencapai Rp 19 ribu per kilogramnya di Pasar Gondang dan Pasar Gemolong, Sragen.

Harga berbeda ditunjukkan di Pasar Bunder Sragen yakni Rp 18,5 ribu.

"Saat ini di tiga Pasar induk di Sragen untuk pergerakan harga minyak goreng curah kenaikannya sedikit demi sedikit sudah berlangsung lebih dari tiga bulan."

"Kenaikan tertinggi baru terjadi kurang lebih tiga minggu terakhir ini," kata Kasi Pengawasan Distribusi Perdagangan, Kunto Widyastuti kepada Tribunjateng.com, Kamis (4/10/2021).

Kunto sapaan akrabnya itu melanjutkan kenaikan harga minyak curah ini disebabkan beberapa faktor, salah satunya harga asal crude palm oil (CPO) atau minyak sawit mentah yang naik secara internasional.

Selain itu juga tingginya permintaan dari China dan produksi dari Negera penghasil lain yang menurun seperti Malaysia dan India.

"Naiknya harga minyak curah ini dikarenakan harga asal CPO memang mengalami kenaikan, faktor lain mungkin adalah tingginya permintaan dari china dan produksi dari negara penghasil lain yang menurun seperti Malaysia dan India," lanjut dia.

Kunto memastikan untuk minyak goreng curah sendiri merupakan produksi dalam negeri. Saat ini yang masih import ialah bawang putih dan kedelai.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved