Breaking News:

Kemenkeu Optimistis Perekonomian Menguat di Sisa 2021

indeks mobilitas masyarakat dan indeks belanja masyarakat yang sudah kembali di atas level pra-pandemi sejak September 2021.

Editor: Vito
Shutterstock via Tribunnews
Ilustrasi ekonomi di tengah pandemi 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Pemerintah optimistis pertumbuhan ekonomi masih berpotensi menguat pada 3 bulan terakhir tahun ini, setelah pada kuartal III/2021 tumbuh 3,5 persen yoy, atau lebih rendah dari 7,07 persen yoy pada kuartal II/2021.

“Pemulihan ekonomi diharapkan terus menguat hingga akhir 2021 seiring dengan kondisi pandemi yang relatif terjaga dan percepatan pelaksanaan vaksinasi,” ujar Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Febrio N Kacaribu, dalam keterangannya, Jumat (5/11).

Menurut dia, optimisme itu antara lain didasarkan pada tren pergerakan berbagai indikator dini, seperti indeks mobilitas masyarakat dan indeks belanja masyarakat yang sudah kembali di atas level pra-pandemi sejak September 2021.

Tak hanya itu, Purchasing Managers’ Index (PMI) Manufaktur Indonesia juga menunjukkan pertumbuhan manis, yaitu tumbuh ke level 57,2 pada Oktober 2021, dan bahkan mencetak rekor tertingginya.

Febrio menuturkan, pemerintah akan tetap menjaga momentum pertumbuhan itu, satu di antaranya dengan mengakselerasi implementasi Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), khususnya dalam menciptakan tenaga kerja dan merangsang aktivitas dunia usaha yang terdampak.

"Belajar dari pengalaman kuartal III/2021 yang melambat karena ada mutasi baru virus covid-19, pemerintah juga akan memperkuat penanganan pandemi. Ini akan menjadi prioritas," ujarnya.

Dalam hal ini, Febrio menyatakan, pemerintah akan semakin mengakselerasi vaksinasi untuk mendorong kepercayaan masyarakat dan pelaku ekonomi untuk beraktivitas.

Ia juga mengimbau, meski saat ini kondisi pandemi sudah melandai, masyarakat jangan terbuai dan tetap harus disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dan partisipasi dalam program vaksinasi. (Kontan.co.id/Bidara Pink)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved