Breaking News:

Berita Batang

Siaga Bencana, Pemkab Batang Pastikan Kesiapan Personil dan Pengecekan Alat Kesiapsiagaan

Ratusan personil gabungan dari TNI / Polri, PMI dan relawan mengikuti apel gelar pasukan dalam rangka kesiapsiagaan penanggulangan bencana.

Penulis: dina indriani | Editor: rival al manaf
TRIBUNJATENG / DINA INDRIANI
Bupati Batang Wihaji bersama Kapolres Batang AKBP M Irwan Susanto didampingi Kepala BPBD Batang Ulul Azmi saat mengecek alat kesiapsiagaan bencana, Jumat (5/11/2021). 

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Ratusan personil gabungan dari TNI / Polri, PMI dan relawan mengikuti apel gelar pasukan dalam rangka kesiapsiagaan penanggulangan bencana, di Jalan Veteran, Jumat (5/11/2021).

Kabupaten Batang, Jawa Tengah memiliki wilayah pesisir di pantura serta perbukitan atau pegunungan.

Mengingat kondisi wilayah itu ditunjang dengan perubahan iklim yang ekstrim membuat potensi ancaman bencana semakin meningkat.

Baca juga: Ular Kobra Resahkan Warga Purwokerto, Ratu Ular Banyumas Iin Beraksi, Lihat Hasilnya

Baca juga: Menelisik Penyebab AC Milan Tak Terkalahkan di Liga Italia Tapi Tak Pernah Menang di Liga Champions

Baca juga: Harga Emas Antam di Semarang Hari Ini Jumat 6 November 2021 Naik Rp 7.000, Ini Daftar Lengkapnya

"Tim gabungan dari TNI / Polri, PMI dan relawan saling bersinergi, dan cepat tanggap jika ada bencana, ini perlu dilakukan agar terkoordinir serta menyiagakan seluruh potensi dalam penanggulangan bencana yang dapat berpotensi di wilayah tersebut," tutur Bupati Batang, Wihaji usai apel gelar pasukan (5/11/2021).

Pemkab Batang telah mengintruksi untuk siap dan siaga mengecek peralatan yang akan digunakan, dalam penanganan bencana.

Wihaji menjelaskan di Kabupaten Batang ada beberapa titik rawan bencana yang biasa terjadi di setiap tahunnya seperti wilayah Batang pantura bencana banjir, wilayah Batang selatan  longsor dan sudah ada beberapa kejadian. 

"Saya harap bencana terjadi di Batang , tetapi kita harus tetap siap siaga dan menyiapkan segala sesuatunya hal ini untuk meminimalisir korban nyawa dan material,"imbuhnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Batang, Ulul Azmi mengatakan dalam penanganan bencana pihaknya telah berkoordinasi dengan relawan setiap desa untuk siaga peralatan dan tanggap bencana.

Baca juga: Prediksi Manchester United vs Man City Menurut Rio Ferdinand, Tanpa Varane MU Bisa Jadi Lumbung Gol

Baca juga: Momen Pertemuan Terakhir dengan Vanessa Angel Membuat Pengacaranya Merinding: Beda Banget

Baca juga: Not Angka Indonesia Pusaka Tanah Air Beta

"Beberapa desa yang memang rawan banjir sudah membeli perahu karet, tim dari BPBD dan relawan juga sudah siap siaga," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, pada musim penghujan, potensi ancaman terbesar di beberapa wilayah Kabupaten Batang yaitu banjir dan longsor.

"Untuk pemetaannya, sepanjang daerah utara mulai dari Gringsing, Tulis, hingga Batang kota itu banjir, kalau di daerah selatan mulai dari Gringsing atas, Tersono, Reban, Bawang, Bandar itu longsor, dengan begitu kami juga mengingatkan kepada masyarakat untuk waspada dan siap siaga bencana," pungkasnya.(din)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved