Breaking News:

Berita Jepara

Terbaik se-Jateng Tangani RTLH, Pemkab Jepara Diganjar Penghargaan

Prestasi ini didapatkan karena Pemerintah Kabupaten Jepara dinilai bisa melaksanakan dengan baik penangaman Rumah Tidak Layak Huni (RTLH)

Penulis: Muhammad Yunan Setiawan | Editor: muslimah
Kominfo Jepara
Pemerintah Kabupaten Jepara mendapat penialian teebaik I dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Jawa Tengah. 

TRIBUNJATENG.COM, JEPARA - Pemerintah Kabupaten Jepara mendapat penialian terbaik I dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Jawa Tengah.

Prestasi ini didapatkan karena Pemerintah Kabupaten Jepara dinilai bisa melaksanakan dengan baik penangaman Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). 

Kepala Dinas Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Jepara Hartaya mengatakan penghargaan itu merupakan bentuk apresiasi provinsi atas dukungan Pemkab Jepara dalam program penanganan RTLH. 

Dia mengungkapkan  Bupati Jepara Dian Kristiandi menaruh perhatian khusus terhadap RTLH.  Pemkab Jepara, kata dia, terus berkomitmen untuk selalu konsisiten menyediakan hunian layak bagi warga. 

“Kita itu terbaik satu untuk penanganan RTLH yang ada di kabupaten, malah se-Jawa Tengah,” dalam keterangan tertulisnya yang diterima Tribun Jateng, Jumat (5/11/2021).

Hartaya menuturkan, ada beberapa faktor yang membuat Jepara bisa meraih penilaian terbaik I. Seperti besarnya dukungan dari pemerintah daerah dalam alokasi dana APBD untuk program RTLH. Pada tahun ini dukungannya nilainya sebesar Rp30 miliar. Jumlah ini naik Rp 15 miliar dari jumlah sebelumnya.

Angka tersebut, kata dia, sebanding dengan banyaknya jumlah rumah yang tertangani. 

“Anggaran APBD kita untuk RTLH ternyata terbesar se-Jawa Tengah, kabupaten dan kota lain itu sedikit-sedikit,” tuturnya.

Menurutnya, faktor lain yakni mampu melampaui target dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). 

Dalam kurun waktu lima tahun, 2017 sampai 2022, lanjut dia, Jepara sudah merealisasikan penanganan RTLH sebanyak 11.712 unit. Melebihi target yang ditetapkan dalam RPJMD sebanyak 10 ribu unit. 

“Termasuk mendukung upaya provinsi dalam penanganan kemiskinan,” jelasnya.

Selain itu, sistem pendataan RTLH di Jepara yang dilakukan tahun 2020 juga mendapat apresaisi terbaik dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. (yun)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved