Breaking News:

Berita Internasional

4 Wanita Afghanistan Ditemukan Tewas, Termasuk Aktivis Perempuan yang Juga Dosen

Empat wanita termasuk aktivis perempuan dan aktivis hak asasi manusia (HAM) ditemukan tewas di kota Mazar-i-Sharif, Afghanistan utara pada Sabtu (6/11

Editor: m nur huda
WION
Aktivis hak-hak perempuan dan dosen universitas, Frozan Safi. 

TRIBUNJATENG.COM, KABUL - Empat wanita termasuk aktivis perempuan dan aktivis hak asasi manusia (HAM) ditemukan tewas di kota Mazar-i-Sharif, Afghanistan utara pada Sabtu (6/11/2021).

Kabar tersebut dibenarkan Juru Bicara Pemerintah Taliban.

Sumber-sumber lokal mengidentifikasi setidaknya satu korban sebagai aktivis HAM.

Dua tersangka telah ditangkap setelah empat mayat ditemukan di sebuah rumah di kota itu, kata juru bicara Taliban dari kementerian dalam negeri Qari Sayed Khosti melansir AFP.

"Orang-orang yang ditangkap telah mengakui dalam interogasi awal bahwa para wanita itu diundang ke rumah oleh mereka. Penyelidikan lebih lanjut sedang berlangsung dan kasusnya telah dirujuk ke pengadilan," katanya.

Khosti tidak mengidentifikasi para korban.

Tetapi sumber-sumber di Mazar-i-Sharif mengatakan kepada AFP bahwa salah satu yang tewas adalah seorang aktivis hak-hak perempuan dan dosen universitas, Frozan Safi.

Kepada AFP, tiga sumber di Mazar-i-Sharif mengaku mendengar para wanita itu menerima telepon, yang mereka pikir sebagai undangan untuk bergabung dengan penerbangan evakuasi.

Mereka lalu dijemput dengan mobil, namun kemudian ditemukan tewas.

"Saya kenal salah satu dari wanita itu, Frozan Safi," seorang pegawai wanita dari sebuah organisasi internasional mengatakan kepada AFP, tanpa menyebut nama.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved