Breaking News:

Berita Pekalongan

Damkar Kota Pekalongan Bekali Linmas Cara Tangkap dan Evakuasi Ular

Pemadam Kebakaran (Damkar) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pekalongan, memberikan edukasi penanganan hewan liar kepada anggota Linmas

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: galih permadi
Dok Damkar Satpol PP Kota Pekalongan
Anggota Damkar Satpol PP Kota Pekalongan saat memberikan edukasi penanganan hewan liar kepada para anggota Linmas di Halaman Kelurahan Kuripan Yosorejo, Kecamatan Pekalongan Selatan, Kota Pekalongan, Senin (8/11/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN -Pemadam Kebakaran (Damkar) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pekalongan, memberikan edukasi penanganan hewan liar kepada para anggota Linmas di Halaman Kelurahan Kuripan Yosorejo, Kecamatan Pekalongan Selatan, Kota Pekalongan, Senin (8/11/2021).

Pelaksana Damkar Satpol PP Kota Pekalongan Yudha Wijaya Ardiyanto mengatakan, kegiatan ini untuk meningkatkan keterampilan anggota Linmas dalam menangani atau mengevakuasi hewan liar, berbahaya, dan berbisa.

"Hari ini kami memberikan edukasi cara penanganan ular untuk para anggota linmas se-Kecamatan Pekalongan Selatan.

Nantinya linmas di seluruh kecamatan yang ada di Kota Pekalongan akan diberikan edukasi hal seperti itu," kata Pelaksana Damkar Satpol PP Kota Pekalongan Yudha Wijaya Ardiyanto saat dihubungi Tribunjateng.com.

Disebutkan Yudha, media edukasi kali ini yakni ular tidak berbisa python reticulatus kecil, ular berbisa menengah boiga dendrophila, ular berbisa tinggi yakni naja sputatrix (cobra jawa) dan trimeresurus albolabris.

Menurutnya, dengan latihan ini harapannya nanti linmas bisa melakukan penanganan dan mengevakuasi ular.

"Jadi tugas linmas tak hanya melindungi masyarakat dari hal-hal yang mengancam keselamatan, tetapi juga penanganan hewan liar yang masuk ke lingkungannya.

Pihaknya menambahkan, edukasi penanganan hewan liar ini kedepannya dapat meningkatkan keterampilan anggota dalam menangani evakuasi hewan liar, berbahaya, dan berbisa.

"Untuk itu, pelatihan ini penting dalam peningkatan pengetahuan dan keterampilan petugas saat melakukan penyelamatan dan evakuasi di lapangan.

Sehingga, petugas lebih berani dan bisa memberikan penanganan prima secepat mungkin," tambahnya. (Dro)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved