Breaking News:

Berita Banyumas

SMP Negeri 1 Somagede Juara Lomba Karawitan Tingkat Kabupaten Banyumas

SMP Negeri 1 Somagede berhasil menjadi juara Lomba Karawitan Tingkat Kabupaten Banyumas Tahun 2021.

Penulis: Permata Putra Sejati | Editor: m nur huda
TRIBUNBANYUMAS/Ist. Pemkab Banyumas 
Lomba Karawitan Tingkat Kabupaten Banyumas Tahun 2021 yang digelar oleh Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas Sabtu-Minggu (6-7/11/2021) di Komplek Museum wayang Banyumas. 

TRIBUNJATENG.COM, BANYUMAS - SMP Negeri 1 Somagede berhasil menjadi juara Lomba Karawitan Tingkat Kabupaten Banyumas Tahun 2021.

Selain menjadi juara, SMP Negeri 1 Somagede juga menempatkan tukang gendangnya Sidik Nurohman menjadi pengendang terbaik. 

Kegiatan digelar oleh Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas Sabtu-Minggu (6-7/11/2021) di Komplek Museum wayang Banyumas.

Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono mengatakan kegiatan digelar sebagai upaya nguri-nguri budaya di kalangan generasi muda Banyumas

"Saya sangat mengapresiasi lomba karawitan ini, karena bisa menjadi salah satu upaya agar generasi muda di Banyumas mengenal dan mencintai budayanya sendiri," katanya kepada Tribunbanyumas.com, dalam rilis. 

Wabup juga berharap ke depan ada inovasi-inovasi yang lebih membuat generasi muda atau masyarakat Banyumas yang tadinya tidak suka menjadi suka karawitan tanpa meninggalkan pakem yang ada. 

Ia juga meminta para pengiat budaya dan seni karawitan selalu pandai melihat pangsa pasar di masyarakat. 

Hal itu perlu dilakukan agar seni karawitan lebih diminati oleh masyarakat.

"Harapannya tidak hanya pas momen tertentu saja, tetapi bisa bertahan dan dilanjutkan ke generasi-generasi berikutnya," terangnya. 

Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinporabudpar Kabupaten Banyumas, Destianto mengatakan, lomba karawitan Gendhing-Gendhing Banyumasan diperuntukkan untuk pelajar SMP/MTs dan SMA/SMK/MA. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved