Breaking News:

Kesehatan

7 Makanan Ini Sebaiknya Dihindari Oleh Penderita Asam Urat

Ini tujuh makanan yang sebaiknya dihindari oleh para penderita asam urat.

Editor: sujarwo
gabrielabertolini
Ilustrasi jeroan 

TRIBUNJATENG.COM - Asam urat naik bisa disebabkan oleh makanan. Ini 7 makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat

Asam urat merupakan penyakit radang sendi. Asal tahu saja, asam urat membentuk kristal seperti jarum pada persendian yang bisa menyebabkan kemerahan, nyeri, dan pembengkakan. 

Mengutip dari NDTV, asam urat kebanyakan dirasakan pada bagian jempol kaki. Namun, ada bagian tubuh lain yang juga bisa terserang asam urat seperti jari tangan, pergelangan tangan, lutut, dan tumit. 

Asam urat naik bisa dipicu dari makanan yang mengandung tinggi purin.

Sekadar info, purin bisa membuat tubuh Anda menghasilkan asam urat sebagai produk limbah sehingga memperparah penyakit.

Makanan seperti kentang, kacang polong, jamur, lentil, kedelai, dan produk susu baik dikonsumsi untuk penderita asam urat. Makanan tersebut dianggap bisa membantu menurunkan kadar asam urat

Namun, ada beberapa jenis makanan dan minuman tertentu yang harus dihindari penderita asam urat, seperti: 

1. Daging 

Penderita asam urat sebaiknya menghindari konsumsi daging merah dan jeroan seperti hati, ginjal, dan otak.  Alasannya, makanan tersebut mengandung purin tinggi dan bisa memperparah kondisi asam urat Anda.  Perlu dicatat, daging durung, sapi muda, dan daging rusa sebaiknya juga Anda hindari karena bisa memicu serangan asam urat di malam hari. 

2. Minuman manis 

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved