Breaking News:

Berita Pekalongan

Ibu-ibu Kelurahan Klego Wakili Kota Pekalongan Maju Lomba UP2K Tingkat Provinsi

Ketua TP PKK Kota Pekalongan Inggit Soraya mendukung dan memberikan semangat pada warga/

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: moh anhar
Dok Kominfo Kota Pekalongan
Ketua TP PKK Kota Pekalongan Inggit Soraya (tengah) saat mengikuti sesi pemaparan materi lomba UP2K tingkat Jawa Tengah yang diselenggarakan secara daring di Ruang Satgas Covid-19 Kota Pekalongan, Rabu (10/11/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Usai dinobatkan sebagai juara 1 lomba Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) tingkat Kota Pekalongan pada tahun 2020 lalu, kini kelompok khusus barokah jaya dan kelompok pelaksana teratai Kelurahan Klego, Kecamatan Pekalongan Timur, terpilih mewakili Kota Pekalongan dalam lomba UP2K tingkat Jawa Tengah tahun 2021.

Hal ini terungkap dalam penjurian sesi pemaparan materi lomba UP2K tingkat Jawa Tengah yang diselenggarakan secara daring di Ruang Satgas Covid-19 Kota Pekalongan, Rabu (10/11/2021).

Ketua TP PKK Kota Pekalongan Inggit Soraya mendukung dan memberikan semangat pada Kelompok UP2K Kelurahan Klego yang akan mengikuti lomba UP2K tingkat Jawa Tengah. 

Baca juga: Hadir di CJIBF 2021, Ini Potensi Investasi yang Ditawarkan Pati, Pemalang dan Cilacap

Baca juga: Warga dan Relawan di Lokasi Rawan Longsor Wilayah Jatiyoso Karanganyar Diberi Pelatihan Soal Bencana

"Alhamdulillah ini bisa menambah semangat lagi Kota Pekalongan, dimana kelompok UP2K Kelurahan Klego mewakili Kota Pekalongan dalam lomba serupa di tingkat Jawa Tengah," kata Ketua TP PKK Kota Pekalongan Inggit Soraya saat rilis yang diterima Tribunjateng.com.

Menurut Inggit, keikutsertaan Kelompok UP2K Kelurahan Klego dalam ajang lomba ini, diharapkan bisa memberikan hasil yang terbaik untuk Kota Pekalongan.

"Produk unggulan yang diusung adalah produk cookies aneka rasa dari bahan tepung lerut. Bahan-bahan tersebut memang mudah didapat disekitar Kelurahan Klego."

"Tepungnya juga bisa dibuat sendiri, dan kelompok tersebut membuat cookies dengan aneka rasa seperti keju, jahe, dan coklat. Mudah-mudahan, ini menjadi produk unggulan yang nantinya bisa dipasarkan lebih luas lagi," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Khusus Barokah Jaya UP2K Kelurahan Klego Mubarok menjelaskan, sejarah terbentuknya UP2K Kelurahan Klego yang berawal dari adanya keluhan ibu-ibu PKK yang merasa tidak mempunyai modal untuk memulai usaha.

Kemudian, secara inisiatif mereka membentuk usaha-usaha yang berupa industri rumah tangga, jasa, simpan pinjam, dagang, kerajinan, makanan, dan minuman.

"Usaha tersebut dibagi menjadi 3 kelompok khusus, kelompok khusus teratai 1 di bidang kerajinan, kelompok khusus teratai 2 di bidang jasa, dan kelompok khusus teratai 3 di bidang makanan."

"Kemudian kami mendapatkan pembinaan dari dinas terkait seperti Dinas Kesehatan, Dinas Perdagangan dan Koperasi-UKM, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Pertanian dan Pangan, dan dinas yang terkait lainnya," jelasnya.

Mubarok mengatakan, kelompok khusus yang dipimpinannya sudah berhasil menyabet beberapa penghargaan di antaranya juara 1 lomba UP2K PKK tingkat Kota Pekalongan pada tahun 2020 dan juara 1 lomba One Village One Product tingkat Kota Pekalongan Tahun 2020. 

"Modal awal yang didapat itu dikelola oleh para anggota. Ditengah pandemi Covid-19 di Kota Pekalongan progress modal UP2K PKK dari tahun 2019 sampai tahun 2021 ini naik, dimana 2019 modal yang bergulir sebesar Rp 2.714.000. Kemudian, di tahun 2020 naik kembali menjadi Rp 4.121.500 dan terakhir pada bulan Oktober 2021 ini mencapai Rp 5.395.000, dengan peningkatan modal ini tentunya sangat mempengaruhi kesejahteraan tiap anggota," tambahnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved