Breaking News:

Fintech Indonesia

Nasabah Fintech Dibatasi, Tak Boleh Pinjam Lebih dari 5 Fintech Legal

Dalam beberapa kasus korban pinjol ilegal, seringkali ditemukan nasabah meminjam lebih dari satu pinjol ilegal.

shutterstock.com
Fintech 

TRIBUNJATENG.COM,  JAKARTA -- Dalam beberapa kasus korban pinjol ilegal, seringkali ditemukan nasabah meminjam lebih dari satu pinjol ilegal.

Adapun, Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) membatasi nasabah untuk meminjam ke fintech lending legal tidak lebih dari lima.

“Secara umum, kita memberi guidance 5 pemain,” ujar Sekretaris Jenderal Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia, Sunu Widyatmoko dalam Dialog Kebangsaan OJK, Selasa (9/11).

Sunu pun menyampaikan bahwa untuk memastikan hal tersebut, pemain fintech lending yang legal telah terhubung dalam Data Fintech Center (FDC) yang dimiliki asosiasi untuk melihat profil dari nasabah sebelum menyalurkan pinjaman.

Dari FDC tersebut, Sunu bilang bahwa pemain fintech lending legal bisa mengetahui profil calon peminjam terkait pinjaman di platform fintech lain serta kelancaran peminjam dalam membayar pinjamannya.

“Jadi bisa ketahuan orang ini punya pinjaman berlebih atau tidak. Ini upaya kita untuk menyetop atau mencegah orang meminjam lebih dari kemampuan yang dimiliki,” tambah Sunu.

Sekadar informasi, per 25 Oktober 2021 yang lalu, jumlah fintech terdaftar dan berizin OJK sebanyak 104 fintech lending.

Secara rinci, 101 fintech memiliki status berizin sementara tiga sisanya masih berstatus terdaftar.

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul "Jangan berlebihan, nasabah tak boleh pinjam ke lebih dari 5 fintech legal"

Baca juga: Hendra Kumbara Ciptakan 17 Lagu Selama Pandemi Covid-19

Baca juga: Wanita Muda Dibunuh Teman Kencan di Hotel karena Dikira Akan Kabur Setelah Minta Uang Muka

Baca juga: Mantan Kepala Desa di Tegal Produksi Uang Palsu, Dibekuk Saat Transaksi dengan Pemesan

Baca juga: Selalu Waspada! La Nina dan Monsun Asia Menguat

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved