Breaking News:

Berita UMKM

Berawal dari Mimpi, Supresi Kini Sukses Kembangkan Usaha Roti

Merasa yakin dengan mimpinya, Supresi (30), warga Sukorejo RT 33, Kelurahan Baleharjo Kecamatan Sukodono Kabupaten Sragen kini bisa mengembangkan usah

Penulis: Idayatul Rohmah | Editor: m nur huda
Tribun Jateng/Idayatul Rohmah
Roti D'suka yang merupakan usaha Supresi (30), warga Sukorejo RT 33, Kelurahan Baleharjo Kecamatan Sukodono Kabupaten Sragen. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Merasa yakin dengan mimpinya, Supresi (30), warga Sukorejo RT 33, Kelurahan Baleharjo Kecamatan Sukodono Kabupaten Sragen kini bisa mengembangkan usaha roti.

Mimpi tersebut diwujudkan setelah keluar dari tempat kerjanya di Jakarta.

"Sebelum pandemi, saya memutuskan pulang ke kampung setelah keluar dari kerja. Saya mulai usaha roti 'D'suka', nama ini dapatnya dari mimpi," kata dia, kemarin.

Supresi melanjutkan, produk D'suka ia buat dengan peralatan sederhana yaitu oven tangkring dan mixer kecil.

Meski demikian, dikatakan, sedikit demi sedikit konsumennya terus bertambah hingga usahanya berkembang sekarang ini.

Menurutnya, hal itu di antaranya didukung adanya pelatihan berjenjang yang digelar oleh Balatkop Provinsi Jawa Tengah dengan Dinas Koperasi UKM Provinsi Jateng.

Dalam pelatihan itu ia bergabung di MUK leveling 1 dan 2 dengan dimentori langsung oleh Bio Hadikesuma, Owner Bio Hadikesuma Management Training & Consulting (BHMTC) sekaligus praktisi bisnis yang pernah menjadi konseptor salah satu Inkubator milik BUMN.

Dirinyapun mulai diajarkan banyak ilmu di dunia bisnis.

Seperti target pasar, pengenalan pola pengelolaan uang, menghitung uang usaha yang hilang, pencatatan, menentukan modal awal yang kita tidak pernah tahu selama ini dan masih banyak lagi yang diajarkan.

"Banyak sekali ilmu yang didapat dari pelatihan ini, dari keuangan yang harus terpisah dari uang pribadi dan usaha, cara hitung HPP, mencatat keluar masuknya uang, dan yang awalnya saya blm bisa menjalankan laptop sekarang ini sudah sedikit bisa dan saya pelajari tiap hari," ungkapnya.

Di samping itu, ia melanjutkan, pangsa pasar yang luas menjadi nilai lebih untuk produk ini.

Dikatakan, roti D'suka menjangkau mulai dari anak-anak hingga orangtua.

"Ibu rumah tangga dan pekerja kantoran yang hobi nyemil roti juga menjadi target karena roti menu sarapan yang praktis.

Alhamdulillah (pelatihan) sangat berdampak bagus sekali, awalnya usaha saya hanya omset beberapa persen saja, sekarang sudah naik lumayan. Semoga selanjutnya lebih baik lagi," imbuhnya. (idy)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved