Breaking News:

Berita Karanganyar

BPBD Karanganyar akan Evaluasi Titik Pemasangan EWS

Berdasarkan informasi yang dihimpun, BPBD Karanganyar mendapatkan bantuan tujuh EWS pada tahun ini

Penulis: Agus Iswadi | Editor: muslimah
TribunJateng.com/Agus Iswadi
Kasi Kesiapsiagaan BPBD Karanganyar, Hartoko. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar akan mengevaluasi titik rawan yang menjadi prioritas pemasangan alat deteksi dini pergerakan tanah atau early warning system (EWS) menyusul terjadinya tanah longsor di sejumlah wilayah beberapa hari terakhir.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, BPBD Karanganyar mendapatkan bantuan tujuh EWS pada tahun ini.

Dari jumlah itu, lima EWS sudah terpasang di wilayah Sedayu Desa Tengklik Kecamatan Tawangmangu, Desa Wonorejo dan Wonokeling Kecamatan Jatiyoso.  

Kasi Kesiapsiagaan BPBD Karanganyar, Hartoko menyampaikan, lima EWS tersebut telah dilengkapi semacam alat yang dapat melaporkan adanya pergerakan tanah secara langsung ke posko induk BPBD Karanganyar.

Pihak BPBD Karanganyar rencananya akan menempatkan dua bantuan EWS yang belum terpasang di Gondanggentong Desa/Kecamatan Karangpandan dan Desa Jatirejo Kecamatan Ngargoyoso. 

"Tinggal dua, yang sudah pasti di Gondanggentong Karangpandan. Karena ada beberapa kejadian (tanah longsor) kemarin, mungkin itu nanti akan dievaluasi penempatannya. Kalau ada yang lebih urgen dari lokasi sekarang, mungkin akan dipindah," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Kamis (11/11/2021). 

Hartoko menuturkan, wilayah Puton Desa Kemuning Kecamatan Ngargoyoso menjadi lokasi yang memungkinkan dipasang EWS setelah adanya tanah longsor yang mengenai dua rumah dan menutup akses jalan kampung pada Minggu (7/11/2021). 

Selanjutnya, EWS yang semula direncanakan dipasang di Desa Jatirejo Kecamatan Ngargoyoso kemungkinan dapat dialihkan ke wilayah Puton Desa Kemuning. (Ais).

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved