Breaking News:

Berita Batang

Hadapi Musim Hujan, Pasukan Got Batang Beraksi Bersihkan Saluran Sungai 

Sebagai langkah antisipasi dan meminimalisir banjir di Kota Batang, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) memaksimalkan Pasukan Got.

Penulis: dina indriani | Editor: Catur waskito Edy
dina indriani
Pasukan Got saat melakukan pembersihan sungai di wilayah Kecamatan Batang, Kamis (11/11/2021). 

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Sebagai langkah antisipasi dan meminimalisir banjir di Kota Batang, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) memaksimalkan Pasukan Got.

Pasukan yang dibentuk untuk penanganan reaksi cepat siaga banjir itu sudah mulai beraksi dengan membersihkan saluran sungai dan bantaran sungai.

Kepala DLH Kabupaten Batang A Handy Hakim mengatakan pasukan got sudah diprogramkan dalam satu bulan delapan kali kegiatan dalam melakukan pembersihan sungai 

"Pasukan Got kita programkan dalam satu bulan delapan kali kegiatan jadi selama satu kali kegiatan berkordinasi dengan kepala desa dan kepala kelurahan yang ada di wilayah kota Batang," tuturnya, Kamis (11/11/2021). 

Dikatakannya, koordinasi diperlukan untuk mengetahui saluran sungai dan bantaran sungai mana saja yang harus dibersihkan. 

"Biasanya sasaran utama kita adalah saluran-saluran sungai atau selokan - selokan yang tidak diurus dan sering untuk tempat buangan sampah masyarakat," jelasnya. 

Lebih lanjut, dikatakannya Pasukan Got yang beranggotakan 10  tugasnya khusus untuk membersihkan saluran air yang berat-berat. 

"Pasukan kita berani turun ke sungai yang warnahnya hitam dan berbau, kita biasanya dibantu Pak Lurah untuk meminta masyarakat bergotong royong," imbuhnya.

Dengan adanya Pasukan Got di desa dan kelurahan, menurutnya menarik banyak masyarakat yang ikut membantu.

"Pasukan Got saat ini rutin membersihkan dan hampir seluruh desa dan kelurahan di kecamatan Batang sudah dimasuki semua, tergantung permintaan desa dan keluarahan," ujarnya. 

Menurutnya, apa yang dilakukan Pasukan Got sedikit banyak akan mengurangi banjir di kota Batang. 

"Walaupun nanti belum bisa memberikan solusi terhadap banjir, tapi minimal masyarakat mengetahui pemerintah tidak diam dan ada upaya," pungkasnya.(din)

Baca juga: Tanah Longsor Terjang Kebun dan Rumah-rumah di Desa Karangnangka Banjarnegara

Baca juga: Dilanda Banjir Menahun, Warga Gebanganom Semarang Pilih Pindah Rumah

Baca juga: Prediksi Susunan Pemain Big Match Persib Bandung Vs Persija Jakarta Liga 1 2021, Maung Pincang

Baca juga: Fakultas Hukum UNS Ajukan Penangguhan Penahanan Kasus Kematian Gilang, Ini Jawaban Kapolresta

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved