Breaking News:

Berita Jepara

Melalui Gamelan Selaras Diharap Menambah Ruang Bagi Seniman di Jepara

Saat peluncuran Gamelan Selaras, Bupati Jepara Dian Kristiandi mengatakan pelestarian seni tradisional menjadi tanggung jawab semua elemen masyarakat.

Penulis: Muhammad Yunan Setiawan | Editor: m nur huda
Humas Pemkab Jepara
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara Dian Kristiandi saat menyampaikan sambutan pada peluncuran Gamelan Selaras di Pendopo Kabupaten Jepara. 

TRIBUNJATENG.COM, JEPARA - Baru-baru ini Pemerintah Kabupaten Jepara meluncurkan Gamelan Selaras (Gelar Aksi Melestarikan dan Mengembangkan Seni Budaya Tradisional Berbasis Masyarakat).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara Zamroni Lestiaza menerangkan Gamelan Selaras untuk menegaskan bahwa upaya pelestarian seni dan budaya tidak hanya dilakukan pemerintah tetapi juga ada upaya yang berbasis masyarakat.

Menurutnya,  hal itu sejalan dengan Peraturan Bupati Nomor 50 Tahun 2021 tentang Pelestarian dan Pengembangan Seni Budaya Tradisional.

Dalam aturan itu, kata dia, Disparbud dan pelaku seni mendapat amanat menyusun cetak biru dan peta jalan pengembangan seni ke depan seperti apa.

"Kemudian di dalamnya ada beberapa ketentuan akan memberikan ruang yang lebih luas kepada seniman dan budayawan," kata Zamroni saat ditemui awak media, Rabu (10/11/2021).

Dalam teknisnya, terang dia, setiap kegiatan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang melibatkan eksternal baik dalam bentuk workshop, bimbingan teknsi, dan sarasehan saat awal acara menampilkan kesenian tradisional.

Selain itu juga, ada ketentuan bagi hotel minimal bintang dua bisa menampilkan kesenian tradisional setiap sebulan sekali.

Hal itu juga berlaku di obyek wisaya yang dikelola pemerintah daerah, pemerintah desa, dan masyarakat.

"Kemudian ruang-ruang publik seperti pendopo kabupaten dan pendopo kecamatan. Dengan demikian akan memberikan ruang yang lebih luas kepada seniman sering tampil di luar event yang diselenggarakan pemerintah daerah," terangnya.

Di luar itu, tambah dia, pemerintah juga memberikan apresiasi kepada seniman dan budayawan yang telah berdedikasi melestarikan kesenian di Jepara.

Saat peluncuran Gamelan Selaras, Bupati Jepara Dian Kristiandi mengatakan pelestarian seni tradisional menjadi tanggung jawab semua elemen masyarakat.

“(Gamelan Selaras) ini juga sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap eksistensi dan peran seniman dan budayawan di kota ukir,” kata Andi, panggilan akrab Bupati Jepara.

Dia menambahkan, upaya melestarikan  seni dan budaya tradisional bisa dilakukan dengan memproduksi pengetahuan budaya berbasis informasi.

Diantaranya inventarisasi seni budaya tradisional dan kearifan local melalui beragam bentuk media cetak, audio, audiovisual dan digital.

“Kita harus bisa memperalat kemajuan teknologi untuk memperkuat upaya pelestarian seni budaya tradisional. Kuncinya dengan melakukan adaptasi dan modifikasi serta regenerasi,” tegasnya.(yun)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved