Breaking News:

Berita Karanganyar

Tumbuhkan Patriotisme Generasi Muda, Pemkab Karanganyar Napak Tilas Kenang Perjuangan Joko Songo

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar menggelar napak tilas dalam rangka mengenang perjuangan Joko Songo.

Penulis: Agus Iswadi | Editor: moh anhar
Dokumentasi Diskominfo Karanganyar
Wakil Bupati Karanganyar, Rober Christanto membuka acara napak tilas perjuangan Joko Songo ditandai dengan pemukulan gong di Terminal Makuthoromo Karangpandan, Kamis (11/11/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar menggelar napak tilas dalam rangka mengenang perjuangan Joko Songo.

Kegiatan ini selain dalam upaya menumbuhkan patriotisme para generasi muda juga sekaligus menyongsong peringatan HUT ke-104 Kabupaten Karanganyar pada 18 November 2021.

Joko Songo merupakan pasukan tentara pelajar yang berjuang melawan pasukan Belanda di wilayah Kecamatan Matesih pada zaman perjuangan.

Baca juga: RANS Cilegon FC Umumkan Pelatih Baru, Eks Pelatih Timnas Indonesia Merapat, Bagaimana Banur?

Baca juga: Gubernur Ganjar Kumpulkan Bupati, Walikota dan Pimpinan DPRD se-Jateng, Ingatkan Tidak Korupsi

Dalam rangka mengenang jasanya, monumen perjuangan Joko Songo didirikan di wilayah Matesih. 

Kabag Kesra Setda Karanganyar, Sunarno menyampaikan, napak tilas ini sebelumnya dibuka dengan serangkaian lomba yang digelar secara virtual dengan peserta dari unsur pramuka.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 245 peserta terdiri dari 120 putra dan 125 putri. 

Selanjutnya para peserta akan melakukan napak tilas dengan jarak tempuh 7 Km mulai dari Terminal Makuthoromo Karangpandan hingga Monumen Perjuangan Joko Songo.

"Maksud kegiatan ini untuk menumbuhkan kecintaan terhadap tanah air, jiwa patriotisme mengalir kepada jiwa generasi muda serta meneladani semangat dari Joko Songo," katanya dalam pembukaan acara napak tilas di Terminal Makuthoromo Karangpandan, Kamis (11/11/2021). 

Sementara itu, Wakil Bupati Karanganyar, Rober Christanto mengatakan, sebelumnya jajaran pemerintah dan masyarakat telah memperingati Hari Pahlawan Nasional. Dia meminta para generasi penerus untuk meneladani semangat perjuangan Joko Songo.

Baca juga: Koki Tewas Dipatuk Kobra yang Sudah Mati Dipenggal 20 Menit Sebelumnya

Baca juga: Subuh, Siswi SMP Sendirian Melahirkan Dekat Sumur: Sakit Tak Tertahan, Bayiku Nangis di Lantai Semen

"Di Karanganyar, dulu ada sembilan pemuda yang berjuang melawan penjajah. Kita harus teruskan perjuangan mereka. Kita sebagai pewaris wajib mengenali dan meneladani semangat mereka," ucapnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved