Breaking News:

Kesehatan

6 Makanan Ini Efektif Merontokkan Kolesterol Jahat Dalam Tubuh

Ini 6 makanan yang bisa menurunkan kolesterol tinggi bila dikonsumsi dengan tepat. 

Editor: sujarwo
healthline
kacang almond 

TRIBUNJATENG.COM - Anda ingin menjaga jantung tetap sehat? Ini 6 makanan yang bisa menurunkan kolesterol tinggi bila dikonsumsi dengan tepat. 

Kolesterol jahat alias Low Density Lipopropetin (LDL) yang terus meningkat bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke dan lainnya. 

Kolesterol jahat muncul karena gaya hidup yang buruk. Namun, kadar kolesterol dapat dikelola dengan mengubah gaya hidup. 

Mengutip dari Mayo Clinic, kadar kolesterol jahat bisa diturunkan dengan konsumsi beberapa jenis makanan tertentu seperti: 

1. Oatmeal, gandum, dan makanan berserat tinggi 

Oatmeal mengandung serat larut yang bisa menurunkan kolesterol jahat.  Asal tahu saja, serat larut bisa mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah. Konsumsi serat 5-10 gram per hari bisa menurunkan kolesterol jahat. 

Satu porsi sereal dengan oatmeal atau dedak gandum menyediakan 3-4 gram serat. Anda bisa menambahkan buah seperti pisang dan lainnya untuk mendapatkan serat lebih banyak.

2. Ikan 

Untuk menurunkan kolesterol jahat Anda sebaiknya mengonsumsi ikan yang mengandung asam lemak omega-3.  Selain menurunkan kolesterol, kandungan asam lemak tersebut bisa menurunkan trigliserida, tekanan darah, dan risiko pembekuan darah. 

Asam lemak omega-3 bermanfaat menurunkan risiko kematian mendadak pada penderita serangan jantung.  American Heart Association merekomendasikan untuk mengonsumsi dua porsi ikan dalam seminggu. Anda bisa mengolah ikan dengan cara dipanggang. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved