Breaking News:

Guru Berkarya

Aplikasi Stellarium Tingkatkan Daya Tarik Pembelajaran

Pembelajaran yang menarik tentunya akan lebih bermakna dalam proses pembelajaran serta menjauhkan dari kebosanan.

Editor: abduh imanulhaq
IST
OGunarso SPdSD, Guru SDN Dadirejo 02 Kec Margorejo Kab Pati 

Oleh: Gunarso SPdSD, Guru SDN Dadirejo 02 Kec Margorejo Kab Pati

SETIAP kegiatan apa pun tentu akan lebih bermakna apabila terlaksana dengan senang hati. Begitu pula dengan pembelajaran antara guru dan peserta didik, diharapkan terjadi proses pembelajaran yang lebih menarik.

Pembelajaran yang menarik tentunya akan lebih bermakna dalam proses pembelajaran serta menjauhkan dari kebosanan. Pada saat mendampingi peserta didik dalam belajar sepatutnya guru mampu membuat inovasi maupun variasi dalam penyampaian materi. Dengan demikian peserta didik tidak lagi jenuh dan hasil belajar yang akan dicapai.

Pada era sekarang ini, guru dituntut senantiasa membuat pembelajaran yang menarik minat peserta didik dengan teknologi digital yang semakin canggih dan maju. Penulis memberikan variasi media pembelajaran untuk pembelajaran Kelas VI yaitu pembelajaran tematik IPA pada semester pertama dengan tema Bumiku pada KD 4.7. Membuat model sistem tata surya .

Pada saat menyampaian materi selain metode yang bervariasi, sebaiknya memperluas perspektif dengan menerapkan media sarana teknologi digital. Alangkah baiknya guru membuat maupun mengunduh aplikasi yang lebih canggih seiring dengan perkembangan teknologi di sekitar peserta didik .Variasi penerapan media pembelajaran diharapkan siswa menjadi lebih tertarik untuk mengikuti materi baru.

Menurut  Sujana & Rivai (2013), penggunaan media yang baru serta relevan diharapkan pula akan membawa banyak  manfaat dalam proses belajar siswa. Penerapan media pembelajaran harus disesuaikan dengan jenjang pendidikan termasuk pendidikan dasar. Salah satu media pembelajaran yang cukup tepat diaplikasikan dalam proses pembelajaran adalah Aplikasi Stellarium. Penulis memilih menggunakan Aplikasi Stellarium sebagai media dalam menyajikan materi Tata Surya dan berharap pemilihan media ini lebih menarik serta lebih bermanfaat .

Bermula dari karya seorang programmer berasal dari Perancis bernama Fabien Chereau yang membuat perangkat lunak tentang astronomi yang bernama Stellarium. Aplikasi ini menjadi solusi memudahkan dalam menyampaikan materi astronomi. Peserta didik juga lebih tertarik dibandingkan menggunakan gambar-gambar diam. Keadaan luar angkasa dapat dibuka dengan mudah. Aplikasi ini dilengkapi fitur nama planet, rasi bintang garis rasi bintang, tempat/lokasi,pengatur waktu untuk mengamati pergerakan suatu planet serta fitur simulasi garis edar planet-planet .

Menurut Erwin Maulana(2020) kelebihan Stellarium ini adalah tidak berbayar dan dapat diperoleh dengan mengunduh dari internet.Adapun kelebihan yang dimiliki Stellarium seperti; katalog berisi ribuan bintang, objek langit- dalam, tampilan atmosfer, matahari terbit dan tenggelam yang nampak lebih realistis. Stellarium dapat menampilkan simulasi pergerakan simulasi rotasi Matahari, rotasi dan revolusi bumi, simulasi rotasi dan revolusi bulan serta dapat juga menampilkan simulasi gerhana matahari atau gerhana bulan.

Tidaklah sulit dalam menggunakan aplikasi ini, sama seperti membuka dan menmasangkan program lainnya.Kita unduh program,menjalankan pada komputer,membuka program serta menayangkanya dengan proyektor pada peserta didik.Seluruh tampilan yang dijalankan akan memberi kesan lebih dan daya tarik tersendiri saat penyampaian materi pembelajaran tentang astronomi. Jika media pembelajaran lebih menarik maka materi mudah tersimpan oleh ingatan siwa dan akhirnya meningkatkan pengetahuan peserta didik.

Penggunaan media ini cukup efektif sebagai media pembelajaran menarik sehingga membuat siswa dapat menerima pelajaran tanpa paksaan serta lebih memicu keingintahuan siswa. Walaupun materi yang dipelajari di sini masih perlu ditingkatkan, setidaknya aplikasi Stellarium ini  lebih efektif namun sebaiknya lebih dapat ditingkatkan seiring dengan kemajuan teknologi. Penulis berharap agar lebih mampu meningkatkan kemampuan dalam menggunakan media Stellarium ini pada pembelajaran  yang menyenangkan dan lebih menarik lagi. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved