Breaking News:

Guru Berkarya

Inovasi Konseling Virtual di Era Society 5.0

Memasuki akhir tahun 2021 tingkat penularan covid19 mulai turun bahkan dibeberapa daerah sudah memasuki level hijau.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Yohanes Andang D SPd MPd, Guru SMAN 1 Salatiga 

Oleh: Yohanes Andang D SPd MPd, Guru SMAN 1 Salatiga

MEMASUKI akhir tahun 2021 tingkat penularan Covid-19 mulai turun, bahkan di beberapa daerah sudah memasuki level hijau. Namun, penerapan protokol kesehatan tetap harus dijalankan sebagai upaya pencegahan penyebaran corona varian baru. Beberapa tempat umum seperti mall, tempat hiburan, hotel serta tempat pertemuan lainnya telah diizinkan untuk dibuka.

Tidak ketinggalan pula sebagai tempat menimba ilmu, sekolah pun mulai diberi lampu hijau oleh pemerintah untuk melakukan pertemuan tatap muka terbatas. Tentu dengan menerapkan prokes sangat ketat ketika memasuki lingkungan sekolah, proses belajar dikelas dan pada saat siswa pulang selesai pembelajaran.

Berbagai tantangan dan perubahan harus dihadapi ketika memasuki era society 5.0 dan di masa pandemi sekarang ini. Bidang pendidikan harus mengawali sebagai gerbang utama untuk mempersiapkan SDM unggul, mandiri & berkarakter Pancasila. Layanan BK era Society 5.0 yang mengintegrasikan layanan BK berbasis digital dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi di sekolah.

Permasalahan akan muncul ketika siswa mulai kembali ke lingkungan sekolah dan tetap harus dihadapi, Hal ini kemudian menjadi tugas guru BK yang wajib memiliki kompetensi yang adaptif, kreatif dan inovatif dalam rangka memberikan layanan BK baik pribadi, sosial, belajar, dan karir. Metode dan pendekatan dalam layanan konseling harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi saat ini, agar keterjangkauan layanan dapat merata dirasakan oleh siswa.

Proses dan kegiatan layanan BK secara virtual telah dirasakan oleh siswa SMA Negeri 1 Salatiga sejak awal tahun 2020 selama masa pandemi covid 19 hingga saat ini telah memanfaatkan berbagai platform media sosial melalui website, Instagram, LINE, WhatsApp, jalur komunikasi lain video call, chat, telepon. Menurut Stringer (2020) salah satu layanan BK yang dapat diintegrasikan secara online menggunakan platform media sosial adalah konseling secara virtual.

Siswa sebagai konseli dapat membuat kesepakatan untuk waktu konseling, karena tempat tidaklah berperan penting. Waktu sesi konseling bisa diatur oleh siswa dan guru BK sebagai koselor. Ketika siswa menghadapi permasalahan yang harus diselesaikan saat itu juga, siswa dapat segera menggunakan layanan chat untuk menuliskan inti permasalahannya terlebih dahulu sebelum memasuki sesi konseling.

Siswa akan terhindar dari potensi rasa takut dan cemas seandainya pada saat melakukan konseling bertemu dengan teman-temannya atau guru lain saat di ruang bimbingan konseling. Siswa yang menghadapi masalah akan merasa nyaman, aman dan tenang karena berada di tempat yang sudah familiar yaitu di rumahnya sendiri,di kamar kost atau bisa juga ditaman.

Konseling virtual perlu membuat suatu mekanisme dengan mengasah kompetensi guru BK sebagai konselor sekolah supaya dapat memberikan layanan yang optimal. Terlepas dari kekurangan konseling virtual, ternyata hasil konseling menunjukkan beberapa dampak positif yang dirasakan oleh guru BK yang telah melakukan konseling. Di antaranya durasi sesi lebih singkat dan efisien, konseli cenderung dapat lebih ekspresif dalam mengungkapkan masalah, ketergantungan terhadap terhadap konselor berkurang, dan pemantauan terhadap siswa yang telah selesai konseling dapat diamati secara luas dalam rutinitas kesehariannya.

Pandemi ini jelas membawa banyak dampak negatif terhadap siswa. Akan tetapi, sebagai guru BK wajib membantu dengan segala upaya mendiversifikasi beragam terobosan teknologi yang sebelumnya sudah tersedia yaitu dengan konseling virtual. Harapannya kemudahan platform berbasis teknologi melalui media sosial akan semakin mendorong siswa untuk lebih membuka mata akan kondisi kesehatan mentalnya dan dioptimalkan kualitasnya oleh layanan BK di sekolah. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved