Breaking News:

Berita Salatiga

Perkuat Teknologi Jaringan, UKSW Gandeng Aruba

Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) resmi menjalin kerjasama dengan Aruba - a Hewlett Packard Enterprise Indonesia, Jumat (12/11) siang.

Penulis: hermawan Endra | Editor: Daniel Ari Purnomo
Tribun Jateng/ Hermawan Endra
Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) resmi menjalin kerjasama dengan Aruba - a Hewlett Packard Enterprise Indonesia, Jumat (12/11) siang. 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) resmi menjalin kerjasama dengan Aruba - a Hewlett Packard Enterprise Indonesia, Jumat (12/11) siang.

Peresmian tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh Rektor UKSW Neil Semuel Rupidara, SE., M.Sc., Ph.D., dan Aruba Country Manager Robert Suryakusuma.

Dalam, kesempatan yang turut dihadiri oleh Kristijadi selaku Direktur Utama PT. Synetcom Lintas Buana, Neil Rupidara menyambut positif kerjasama yang terjalin dengan perusahaan yang bergerak di bidang teknologi jaringan tersebut. Menurutnya sejak 2014 silam UKSW telah mencanangkan program kampus berbasis IoT dan metronet. 

Selain itu, belum lama ini UKSW telah bekerjasama dengan salah satu perusahaan pengembang perangkat lunak virtual reality dan augmented reality multinasional yang berkantor pusat di Irvine, California, USA.

“Disinilah peran Aruba untuk menunjang kegiatan belajar mengajar di UKSW. Teknologi VR dan AR yang digunakan membutuhkan dukungan jaringan yang mumpuni. Kami berkomitmen menyediakan akses internet dan informasi dengan karakteristik berbasis kenyamanan dan kehandalan bagi civitas akademika di dalam dan di luar kampus dengan dukungan infrastruktur jaringan yang terpercaya,” imbuh Neil.

Adapun  Robert Suryakusuma menyatakan kesiapan Aruba dalam mendukung UKSW. Menurutnya salah satu pondasi dalam perkuliahan daring dengan teknologi mumpuni yang saat ini digunakan oleh UKSW terdapat pada sektor jaringan. Aruba yang dalam kerjasama ini masuk melalui business partner PT. Synetcom Lintas Buana siap mendukung penguatan jaringan di UKSW.

“Harapannya ketika civitas akademika dan masyarakat yang memanfaatkan teknologi Aruba di UKSW dapat merasakan  teknologi smart campus,” tegasnya.

Kepala Biro Teknologi dan Sistem Informasi (BTSI) UKSW, Ir. Christ Rudianto., MT yang turut hadir dalam kesempatan ini menyebut UKSW terus mempersiapkan infrastruktur jaringan yang dirancang untuk menangani tantangan ke depan. Kerjasama dengan Aruba dikatakan Chris dapat memperkuat infrastruktur jaringan dari sebelumnya.

Peroleh hibah

Selain itu sebagai bagian dari project tersebut, UKSW memperoleh hibah dari Aruba yang dituangkan melalui dua perjanjian lainnya. Kedua perjanjian yang ditandatangani oleh Robert Suryakusuma dan Dr. Iwan Setiyawan selaku Pembantu Rektor I UKSW terdiri dari Perjanjian mengenai Kemitraan program Aruba Academy serta Perjanjian Hibah antara Aruba Indonesia Networks mengenai Hibah Perangkat Jaringan, Perangkat Lab Aruba Certified Mobility Associate (ACMA) dan Perangkat Network Operation Center Hewlett Packard Enterprise (HPE).

Melalui hibah tersebut saat ini UKSW resmi memiliki dua lab Aruba yang berada di Fakultas Teknologi Informasi (FTI) dan Fakultas Teknik Elektronika dan Komputer (FTEK). Ke depan kedua lab ini dapat dimanfaatkan untuk penyelenggaraan pelatihan sertifikasi Aruba yang telah diakui secara internasional. 

(*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved