Breaking News:

Berita Otomotif

Xenia Baru Dibanderol Mulai Rp 190 Jutaan, Kini Xeni Gunakan Penggerak Roda Depan

World Class Auto Show Series, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 menandai kebangkitan kembali industri otomotif Indonesia

Penulis: Idayatul Rohmah | Editor: Catur waskito Edy
Dio Dananjaya/Kompas.com
Daihatsu All New Xenia meluncur di GIIAS 2021 

TRIBUNJATENG.COM, TANGERANG -- World Class Auto Show Series, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 menandai kebangkitan kembali industri otomotif Indonesia, setelah terpuruk akibat pandemi covid-19.

Acara itu resmi dibuka Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, didampingi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, di Nusantara Hall, Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, Kamis (11/11).

Sejumlah pabrikan menampilkan berbagai produk dan teknologi inovasi terbaru mereka sepanjang penyelenggaraan GIIAS 2021 yang akan berlangsung pada 11-21 November 2021.

Daihatsu misalnya, menghadirkan generasi baru Xenia yang total berbeda dengan pendahulunya. Xenia baru ini dikatakan membawa desain berbeda dan menawarkan kenyamanan lebih, serta irit BBM. Xenia baru ini dijual di kisaran harga Rp 190,9 juta hingga Rp 242,7 juta.

“Semua ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan yang lebih baik lagi bagi pengguna Xenia di Tanah Air,” ujar Chief Executive Officer (CEO) PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation (DSO), Supranoto, usai peluncuran Xenia baru di arena GIIAS 2021.

Kontribusi positif

Ia meyakini, kehadiran Xenia baru ini akan memberikan kontribusi positif bagi penjualan Daihatsu di Tanah Air. Sejauh ini, berdasarkan data yang dimiliki, total penjualan retail Xenia sejak 2004 hingga Oktober 2021 tercatat sebanyak 683.633 unit.

Sementara berdasarkan data Gaikindo, penjualan Daihatsu year to date (ytd) September 2021 tercatat sebanyak 103.788 unit atau menguasai market share 17,3 persen.

Hal itu menempatkan Daihatsu berada di posisi kedua di bawah Toyota yang memiliki market share sebesar 32,9 persen. Sedangkan secara keseluruhan penjulan mobil ytd September 2021 tercatat sebanyak 600.344 unit.

Marketing & Customer Relation Division Head PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation (DSO), Hendrayadi Lastiyoso menambahkan, Xenia baru menggunakan penggerak roda depan, berbeda dengan pendahulunya yang memiliki penggerak roda belakang.

Perubahan itu berpengaruh pada efisiensi bahan bakar dan juga tingkat kenyamanan pengendaranya.

Menurut dia, Xenia baru ini juga memiliki desain kabin yang lebih lega. Selain itu, posisi kursi di baris kedua dan ketiga bisa dilipat hingga rata atau flat yang memungkinkan penumpang bisa berbaring, bahkan menggelar kasur.

Adapun, selain Daihatsu, sejumlah pabrikan lain yang turut menampilkan produknya yakni Audi, BMW, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, VW, Wuling, serta Isuzu, Hino, Mitsubishi Fuso, dan Scania dari kendaraan komersial.

“Sebuah tonggak positif bagi pertumbuhan industri otomotif bangsa Indonesia, GIIAS merupakan kebanggaan bangsa dan mencerminkan upaya Gaikindo untuk terus mendorong kemajuan industri otomotif Indonesia,” ucap Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo. (idy)

Baca juga: Felicya Angelista Dua Hari Linglung Usai Melahirkan

Baca juga: Jadwal Samsat Keliling Kota Tegal, Jumat (12/11), Buka di Lapangan Sumurpanggang & 3 Tempat Lainnya 

Baca juga: Kenapa Tunjangan Berlimpah, Kenapa Masih Korupsi? Ini Daftar Lengkapnya

Baca juga: Diluncurkan di GIIAS 2021, Ini Daftar Harga Toyota All New Veloz dan Avanza OTR Jateng

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved