Breaking News:

Berita Semarang

Peringati Hari Kesehatan Nasional, RSUP Kariadi Semarang Beri Layanan Konsultasi Diabetes Gratis

RSUP dr. Kariadi Semarang menyelenggarakan kegiatan Pameran Edukasi Diabetes 2021.

Penulis: faisal affan | Editor: sujarwo
TRIBUN JATENG/FAIZAL M AFFAN
Direktur Utama RSUP dr. Kariadi Semarang, drg. Farichah Hanum, M.Kes, saat memberikan sambutan di Hari Peringatan Kesehatan Nasional, Jumat (12/11/2021). Berbarengan dengan hal tersebut, RSUP dr. Kariadi Semarang juga menyelenggarakan pelayanan kesehatan gratis untuk penyakit diabetes. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Mem

Peringati Hari Kesehatan Nasional, Jumat (12/11/2021), , RSUP dr. Kariadi Semarang menyelenggarakan pelayanan kesehatan gratis untuk penyakit diabetes.
Peringati Hari Kesehatan Nasional, Jumat (12/11/2021), , RSUP dr. Kariadi Semarang menyelenggarakan pelayanan kesehatan gratis untuk penyakit diabetes. (TRIBUN JATENG/FAIZAL M AFFAN)

peringati Hari Kesehatan Nasional yang jatuh pada tanggal 12 November 2021, RSUP dr. Kariadi Semarang menyelenggarakan kegiatan Pameran Edukasi Diabetes 2021 di Instalasi Eksekutif Garuda dan Onkologi Kasuari.

Kegiatan yang sudah diselenggarakan dari tanggal 8 hingga 12 November 2021 ini, menyajikan layanan konsultasi kegiatan yang dibagi sebanyak 10 SKM atau stand. Setiap stand berisi masing-masing dokter spesialis yang ada di RSUP dr. Kariadi Semarang.

drg. Farichah Hanum, M.Kes, Direktur Utama RSUP dr. Kariadi Semarang, menjelaskan tujuan diselenggarakannya Pameran Edukasi ini, untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses pelayanan kesehatan. Terutama dalam hal penyakit diabetes yang masih jadi momok masyarakat Indonesia.

"Selain memberikan layanan konsultasi, kegiatan ini juga kami tujukan sebagai bentuk pencegahan penyakit diabetes. Sebab, banyak pasien yang datang ke faskes ketika sudah dalam kondisi komplikasi. Padahal, penyakit ini bisa dicegah jika diketahui dari awal," terangnya.

Ia menambahkan, pemeriksaan dari awal terkait penyakit ini harus dilakukan oleh pasien yang memiliki keturunan genetik penyakit diabetes. Sebab, pasien tersebut memiliki potensi lebih besar dibandingkan yang tidak diturunkan oleh orangtuanya.

"Pemeriksaan dari awal itu penting. Meskipun tidak memiliki gejala, tapi ini bisa untuk mencegah terjadinya komplikasi penyakit diabetes," ujarnya.

Sementara itu, dr. Tania Tedjo Minuljo, SpPD-KEMD, ketua panitia kegiatan Pameran Edukasi Diabetes 2021, mengatakan ada 10 stand yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk konsultasi kesehatan.

"Terutama untuk penyakit-penyakit penyerta yang muncul akibat dari diabetes. Jadi di sini masing-masing stand, sudah ada dokter spesialisnya masing-masing. Ada dokter spesialis gizi, penyakit dalam, saraf, rehab medik, bedah vaskuler, patologi klinik, dan lainnya," bebernya.

Stand yang disediakan juga bisa dimanfaatkan oleh pengunjung RSUP dr. Kariadi Semarang, untuk konsultasi secara gratis. Terlebih, dalam kegiatan ini, RSUP dr. Kariadi Semarang juga melayani pemeriksaan gula darah secara gratis.

"Kalau tidak ada ini kan pasien harus menunggu jadwal dokter, dan terkadang harus mengeluarkan biaya. Sedangkan di sini pengunjung atau pasien bebas untuk konsultasi. Ada juga pelayanan cek gula darah gratis," papar Tania.

Rukhayah, satu di antara pengunjung yang mencoba konsultasi di stand gizi, mengaku terbantu dengan adanya kegiatan ini. Ia pun sekarang lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan tertentu.

"Kebetulan saya antar suami periksa. Sambil nunggu kok ada acara ini. Tadi saya coba tanya-tanya. Lumayan juga untuk wawasan kesehatan saya," jelasnya.

Pihaknya pun juga mengaku memiliki garis keturunan penyakit diabetes. Namun hingga saat ini belum ada gejala yang timbul. Meski begitu, Rukhayah akan tetap menjaga pola makan dan olahraganya.

"Yang jelas saya sudah mengurangi gula. Baik di minuman dan makanan. Tiap Minggu pagi, saya dan suami suka olahraga sepedaan. Kalau tidak ya jogging di sekitar rumah," pungkas warga Kota Semarang ini. (*)

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved